AGI Sebut Stok Gula Masih Aman Hingga Ramadan

Selasa, 31 Maret 2020 - 10:35 WIB
AGI Sebut Stok Gula Masih Aman Hingga Ramadan
AGI Sebut Stok Gula Masih Aman Hingga Ramadan
A A A
JAKARTA - Opsi lockdown ataupun karantina wilayah kini tengah disiapkan oleh pemerintah guna mencegah meluasnya sebaran virus corona (Covid-19). Salah satu hal penting yang perlu diantisipasi adalah soal pasokan pangan, salah satunya gula.

Menurut Tenaga Ahli Asosiasi Gula Indonesia (AGI) Yadi Yusriyadi, stok gula sejauh ini masih aman sampai bulan ramadan. "Pemerintah telah mengizinkan impor gula lagi pada bulan ini sebanyak 550 ribu ton. Jadi stok gula sangat tercukupi," kata Yadi kepada SINDOnews, Senin (30/03/30).

Seperti diketahui, di awal tahun Kementerian Perdagangan telah menerbitkan izin impor gula sebanyak 438,8 ribu ton. Dengan demikian, total izin impor gula akan mencapai 988,8 ribu ton.

Adapun saat ini, stok gula di distributor berjumlah 159 ribu ton. Sedangkan total konsumsi gula hanya mencapai 230-250 ribu ton per bulan.

Meski begitu, lanjut Yadi, mahalnya harga gula di beberapa daerah saat ini disebabkan oleh stok di pasar yang kurang. Pasalnya, gula yang diimpor merupakan raw sugar atau gula mentah sehingga harus diolah terlebih dahulu.

"Akibat virus corona, pabrik mengalami keterlambatan dalam pengolahan gula mentah tersebut karena sedikitnya pegawai yang masuk," ujar Yadi.

Untuk itu, Yadi mengusulkan, dalam keadaan darurat seperti ini, seharusnya pemerintah mengimpor gula yang sudah jadi atau gula kristal putih (GKP). "Jika gula sudah jadi, maka tinggal dipasarkan saja. Sehingga bisa menekan harga gula" pungkasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3995 seconds (0.1#10.140)