Tak Ingin Seperti India, Luhut: Presiden Jokowi Berpikir Jernih Soal Lockdown

Kamis, 02 April 2020 - 19:23 WIB
Tak Ingin Seperti India, Luhut: Presiden Jokowi Berpikir Jernih Soal Lockdown
Tak Ingin Seperti India, Luhut: Presiden Jokowi Berpikir Jernih Soal Lockdown
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, alasan kenapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengambil kebijakan lockdown karena berkaca pada India dan Malaysia. Sementara itu Jokowi memutuskan untuk mengambil langkah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Katakan lockdown, sudah dilihat India, Malaysia. Jadi dari pertimbangan semua itu kami melihat dan sarankan ke Presiden, Presiden juga melihat dengan jernih kalau dilakukan yang kena adalah masyarakat kelas bawah. Beliau (Jokowi) enggak mau," kata Menko Luhut dalam telekonference di Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Sambung Luhut menambahkan, apa yang dilakukan negara lain belum tentu cocok diterapkan di Indonesia. Presiden Jokowi mengingatkan kepada jajarannya agar kebijakan yang diterapkan tidak menyulitkan rakyat kecil.

"Tapi rakyat harus displin, jaga jarak, itu membantu mencegah. Kenapa? Dari hasil modelling kita, cuaca Indonesia yang panas itu untuk covid enggak kuat. Tapi kalau jaga jarak enggak dilakukan, itu jadi enggak berarti. Itu jadi tergantung kita semua," ujarnya.

Saat ini menurutnya dampak covid-19 makin terkendali, untuk itu masyarakat diminta membantu dengan menjaga jarak. "Sekali lengah, maka akan kembali. Kita jangan menyebarkan berita yang tidak benar, yang membuat masyarakat resah. Pemerintah tidak akan membuat kebijakan yang menyengsarakan rakyatnya," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5895 seconds (0.1#10.140)