Pertamina MOR VII Ajak Mitra Binaan Cegah Pandemi Covid-19

Sabtu, 04 April 2020 - 04:51 WIB
Pertamina MOR VII Ajak Mitra Binaan Cegah Pandemi Covid-19
Pertamina MOR VII Ajak Mitra Binaan Cegah Pandemi Covid-19
A A A
KENDARI - Pertamina Marketing Operator Region (MOR) VII menggandeng mitra binaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sejumlah UMKM penjual tandon air dan penyedia rangka besi binaan Pertamina MOR VII, diminta membuat wastafel portabel, dilengkapi dengan tandon air berkapasitas 250 liter dan 60 liter. Tahap awal, wastafel portabel ini diproduksi sebanyak 30 unit.

"Tahap awal, wastafel portabel ini ditempatkan di tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berbeda yaitu, SPBU 74.90531 Batangase Kabupaten Maros, SPBU 74.91677 Uluale Kabupaten Sidrap dan SPBU 74.91257 Menro Kabupaten Pinrang pada Senin (30/3)," kata Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) MOR VII, Hatim Ilwan, Jumat (3/4/2020).

Wastafel portabel ini diharapkan dimanfaatkan masyarakat yang melintas, pengunjung dan petugas SPBU untuk selalu menjaga kebersihan, terutama kebersihan tangan agar tidak mudah terjangkit Covid-19.

Wastafel ini dibuat portabel, menurut Hatim, agar mudah dipindah ke tempat yang strategis dan mudah dijangkau.

Hatim Ilwan menyebut, banyak UMKM yang merugi hingga tutup dikarenakan Covid-19. Sehingga Pertamina berupaya agar UMKM yang bernaung di bawah binaan mereka, tetap memiliki penghasilan di tengah pandemi Covid-19.

"Selain mendorong gerakan hidup sehat melalui cuci tangan, Pertamina juga ingin memanfaatkan momen ini untuk memberdayakan mitra binaan," ujar Hatim.

Salah satu cara agar mitra binaan tetap produktif dan berpenghasilan, kata Hatim, dengan mengajak mereka dalam mendukung program-program bantuan Pertamina yang sedang dikerjakan.

"Sebenarnya cara ini tidak hanya kami lakukan saat pandemi Covid-19, tetapi sebelumnya pemberdayaan bagi mitra binaan telah kami kerjakan dengan berbagai macam aktivitas," jelasnya.

Rencananya, sarana cuci tangan tersebut akan ditempatkan di SPBU maupun sarana umum lainnya dan menjangkau lokasi-lokasi lainnya di wilayah Sulawesi, khususnya yang dekat dengan infrastruktur milik Pertamina.

Pertamina juga berencana membuat sarana cuci tangan tersebut dengan jumlah lebih banyak, sehingga lebih banyak tempat yang bisa tersentuh.

"Kami akan coba melibatkan mitra binaan yang lebih banyak lagi agar keberadaan Pertamina mempunyai manfaat lebih banyak bagi masyarakat," kata Hatim.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5292 seconds (0.1#10.140)