alexametrics

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka Minggu Ini, Intip Cara Dapat Rp3,5 Juta

loading...
A+ A-
JAKARTA - Pendaftaran Kartu Pra Kerja 2020 secara online akan mulai dibuka oleh pemerintah pada minggu ini. Program ini ditujukan untuk mengurangi dampak ekonomi dari wabah virus corona (Covid-19).

Program Kartu Pra Kerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020. Para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp3.550.000 untuk biaya pelatihan dan insentif. Dana itu akan diterima peserta bertahap dari sebelum hingga pelatihan kerja selesai dilakukan.

"Pekerja formal maupun informal yang terdampak Covid-19 dapat mendaftarkan diri di laman resmi ww.prakerja.go.id, mulai minggu kedua April 2020," jelas Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja, Denni Purbasari dalam keterangan resminya, Selasa (7/4/2020).



Rincian manfaat Program Kartu Pra Kerja 2020 yakni sebesar Rp 3.550.000, terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta dan insentif paska pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan (untuk 4 bulan). Lalu peserta Kartu Pra Kerja 2020 juga akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei atau total Rp150.000 per peserta.

Pelaksanaan Kartu Pra Kerja 2020 merupakan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Selain itu, tujuannya juga untuk memberi perlindungan sosial dan menanggulangi dampak negatif dari wabah Covid-19 terhadap perekonomian nasional. Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono mengatakan, pendaftaran program Kartu Pra Kerja akan dibatasi.

Adapun pendafataranya akan dibuka pada Rabu dan Kamis dengan tebatas."Jadi enggak sembarangan boleh dimiliki, ini kita batasi. Kita utamakan anak muda yang tidak memiliki pekerjaan dan sudah ada websitenya jadi bisa daftar online," ujar Susi saat dihubungi SINDOnews hari ini

Lebih lanjut Ia menerangkan, pembuat Kartu Pra Kerja boleh berasal dari kalangan yang sedang mencari pekerjaan ataupun buruh. "Ketika mendaftar, peserta harus sudah berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang bersekolah, kuliah atau menempuh pendidikan lainnya," jelasnya.

Kepastian program ini telah ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan pemerintah segera merealiasikan program jaring pengaman sosial, dimana salah satunya Kartu Pra Kerja yang akan dilaksanakan pada pekan ini. "Kartu prakerja yang akan dimulai tanggal 9 April ini," ungkap Presiden.

Lalu bagaimana cara daftar Kartu Pra Kerja dan cara mendapatkan Kartu Pra Kerja? Dikutip dari laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan, Kartu Pra Kerja 2020 adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Berikut cara mendaftar dan mendapatkan Kartu Pra Kerja seperti dikutip dalam website resminya :

- Buat Akun Kartu Pra Kerja

1.Masuk ke laman Prakerja.go.id

2.Masukkan nama lengkap kami, email dan kata sandi

3. Klik Daftar

4. Selanjutnya verifikasi email kamu

5. Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email

6. Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

- Login Kartu Prakerja (Prakerja login)


1. Buka laman www.prakerja.go.id

2.Klik login atau masuk pada laman depan

3.Masukkan email dan kata sandi akun kamu. Klik Login

4.Berhasil masuk ke akun.

- Pendaftaran Kartu Prakerja (Prakerja daftar)

1.Setelah berhasil daftar akun dan login akun kamu, masuk ke Dashboard akun kamu.

2.Isi verifikasi KTP kamu

3.Klik Berikutnya (formulir Kartu Prakerja)

4.Lengkapi data diri kamu dan unggah foto KTP dan swafoto kamu dengan KTP kamu

5.Lakukan Verifikasi Telepon

6.Klik Kirim

7.Setelah selesai verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon, kamu wajib melakukan deklarasi survei

8.Berikutnya kamu wajib melakukan tes

9.Setelah selesai tes, pendaftaran kamu sedikit lagi selesai, kamu tinggal ikut seleksi batch, pilih lah batch yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu

10.Tahap pendaftaran kamu selesai! Mohon menunggu proses evaluasi pendaftaran kamu ya

11.Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos / bisa ikut batch yang pilih di Dashboard akun kamu.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top