Bank ICB Bumiputera merugi di tahun 2011

Rabu, 28 Desember 2011 - 13:07 WIB
Bank ICB Bumiputera merugi di tahun 2011
Bank ICB Bumiputera merugi di tahun 2011
A A A
Sindonews.com - Hingga kuartal III-2011, Bank ICB Bumiputera belum meraih laba melainkan menderita kerugian sebesar Rp27,64 miliar.

Menurut Plt. Presiden Direktur Bank ICB Bumiputera Tay Un Soo dalam Paparan Publik Tahunan di Menara ICB Bumiputera, Jakarta, siang ini menyatakan kerugian yang terjadi terlihat pada penurunan pendapatan sebesar 12 persen dan biaya operasional yang sangat tinggi sebesar 11,7 persen. Sementara itu, dana pihak ketiga turun menjadi Rp6,78 triliun.

Secara kompleks, permasalahan kerugian yang dialami ICB Bumiputera disebabkan oleh beberapa hal. "Seperti bank yang secara bertahap telah melakukan realokasi struktur portofolio asetnya terutama mengarah kepada sektor dengan potensi ekonomi dan tumbuh. Hal ini awalnya untuk menuju struktur portofolio aset yang lebih terdiversifikasi," ujarnya.

Hingga sembilan bulan ini, Bank ICB Bumiputera masih menanggung biaya dengan bunga tinggi yang diduga awalnya dapat untuk mempertahankan tingkat simpanan dan target Loan To Deposit Ratio (LDR) .

Penyebab lain yang memicu kerugian yaitu adanya peningkatan biaya pencadangan kredit dikarenakan adanya pergeseran penerapan impairment dari kolektif ke individual seiring penerapan prinsip Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) oleh Bank Indonesia.

"Kerugian memang mengangkat sisi negatif pada kinerja kami selama sembilan bulan ini, namun kami akan terus bekerja keras untuk meningkatkan kinerja di 2012 dengan program-program yang lepas landas," ucap Corporate Secretary Bambang Setiawan. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5801 seconds (0.1#10.140)