Jamsostek gandeng 20 bank salurkan pimjaman rumah

Selasa, 10 Januari 2012 - 10:46 WIB
Jamsostek gandeng 20 bank salurkan pimjaman rumah
Jamsostek gandeng 20 bank salurkan pimjaman rumah
A A A
Sindonews.com - PT Jamsostek (Persero) menargetkan penyaluran pinjaman uang muka perumahan (PUMP) sebesar Rp220 miliar tahun ini. Untuk itu, perseroan akan memperluas kerja sama dengan perbankan menjadi 20 bank pada 2012.

“Saat ini baru sebanyak 12 bank yang bekerja sama dalam penyaluran PUMP. Target tahun ini bisa menjadi 20 bank,” ujar Direktur Utama Jamsostek Hotbonar Sinaga seusai penandatanganan kerja sama penyaluran PUMP dengan Bank Papua di Jakarta, Selasa (10/1/2012).

Hotbonar mengatakan, perluasan kerja sama ini diharapkan bisa memperbanyak peserta Jamsostek yang memanfaatkan PUMP. Hal ini membuktikan banyaknya manfaat yang diperoleh peserta jaminan sosial. “Bunganya sangat kecil, efektif hanya 6 persen,” ujar dia.

Menurut Hotbonar, beberapa bank yang akan dibidik untuk diajak kerja sama tahun ini yakni Bank Jatim dan Bank Jabar Banten. “Selain itu, bank nasional baik swasta maupun pemerintah juga akan kita ajak kerja sama,” ungkap dia.

Mengenai kerja sama dengan Bank Papua, Hotbonar mengaku sangat unik pasalnya Jamsostek saat ini belum mempunyai penempatan dana di bank tersebut. Namun, karena kebutuhan peserta Jamsostek dari PT Freeport Indonesia untuk membeli rumah sangat besar, diadakanlah kerja sama penyaluran PUMP.

Sementara itu Direktur Utama Bank Papua Eddy R Sinulingga mengatakan, kerja sama ini ditujukan untuk penyaluran PUMP bagi sedikitnya 7.000 orang karyawan PT Freeport Indonesia. “Untuk tahap awal kemungkinan bisa 1.000 sampai 2.000 rumah,” kata dia.

Dia menuturkan, Bank Papua sebagai regional champion kini mengarah pada pengumpulan dana masyarakat daripada dana pemerintah daerah agar tidak lagi bergantung pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6068 seconds (0.1#10.140)