Indonesia Eximbank raih kredit USD100 juta

Selasa, 07 Februari 2012 - 21:00 WIB
Indonesia Eximbank raih kredit USD100 juta
Indonesia Eximbank raih kredit USD100 juta
A A A


Sindonews.com
- PT Indonesia Eximbank dan Japan Bank for Internasional Cooperation (JBIC) menandatangani kerja sama perjanjian fasilitas kredit ekspor sebesar USD100 juta.

CEO Indonesia Eximbank I Made Gde Erata mengatakan, fasilitas kredit ekspor ini merupakan fasilitas kredit yang kedua dari JBIC kepada Indonesia Eximbank.

"Fasilitas pertama dari JBIC yang ditujukan untuk mendukung trade finance telah ditandatangani pada 23 Oktober 2009 sebesar USD100 juta telah digunakan seluruhnya oleh Indonesia Eximbank," ujar Erata dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (7/2/2012).

Erata menjabarkan, fasilitas kredit ekspor tahap dua ini terdiri dari dua tranches, yaitu tranches A (pembiayaan yang dilakukan JBIC) dan tranches B (pembiayaan yang dilakukan The Commercial Bank-The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd (BTMU) dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC).

"Dari total kredit line sebesar USD100 juta, porsi JBIC maksimal sebesar USD60 juta dan sisanya merupakan porsi commercial bank dengan jaminan berupa Buyers Credit Insurance dari Nipon Export and Investment Insurance (NEII)," lanjut dia.

Adapun tujuan dari fasilitas kredit ekpor ini adalah menyediakan pendanaan bagi Indonesia Eximbank dalam membiayai perusahaan exportir Indonesia yang membeli mesin, barang dan atau jasa dari eksportir Jepang.

"Maksimal pembiayaannya sebesar 85 persen dari nilai kontrak penjualan antara perusahaan Indonesia dan Jepang, serta maksimal jangka waktu pembayaran
lima tahun," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia Eximbank merupakan lembaga keuangan khusus pemerintah yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No 2 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3565 seconds (0.1#10.140)