Oktober, jatah BBM subsidi habis

Rabu, 18 April 2012 - 12:19 WIB
Oktober, jatah BBM subsidi habis
Oktober, jatah BBM subsidi habis
A A A
Sindonews.com - Program pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang akan dilakukan oleh pemerintah tampaknya harus segera dilakukan. Hal ini dikarenakan melihat pasokan BBM akan habis pada Oktober mendatang.

"Yang saya tahu sih memang Oktober (BBM subsidi habis) sehingga memaksa pengaturan penyalurannya harus diatur mulai dari sekarang. Jadi mobil mewah enggak disubsidi sedangkan transportasi umum sama motor (harga BBM) Rp4.500 per liter," ujar Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Namun, terkait dengan skema pembatasan penggunaan BBM subsidi ini, guru besar ITB ini masih belum menyatakan dengan detail. "Nanti saya jelaskan kalau sudah pengumuman ya," tandas dia.

Sebelumnya, Kementerian ESDM menyatakan bila aturan pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi bagi mobil pemerintah akan keluar pada akhir April 2012 ini. Menteri ESDM Jero Wacik menjelaskan, pembatasan BBM subsidi tersebut yang paling mudah diimplementasikan. Yakni dimulai dari mobil-mobil dinas pemerintah.

"Pembatasan itu kan banyak caranya, yang mudah adalah dilakukan pembatasan dari mobil pemerintah, karena itu bisa pakai perintah. Sementara mobil masyarakat juga mesti diatur, 77 persen BBM jatuh ke tangan yang tidak pantas. Nah, ini harus dibatasi, tapi buat aturannya mudah, pelaksanaannya yang sulit," kata Jero.

Dia mencontohkan, apabila pembatasan BBM tersebut menggunakan cc, orang tidak akan mau membeli bensin jika harus melihat dari cc-nya.

"Makanya nanti akan ada sosialisasi, tapi aturannya dulu yang dikeluarkan akhir bulan ini. Bentuknya ada peraturan pemerintah (permen), inpres ada, perpres juga ada. Nanti kita lihat apa yang paling cocok," tuturnya.

Adapun, jika wacana tersebut berjalan lancar, dirinya memperkirakan kuota BBM subsidi tidak akan jebol hingga 40 juta kiloliter (kl). "Target saya paling tidak kuotanya sampai ke 40 juta kl. Karena kalau tidak dibatasi, tidak diatur, diperkirakan bisa sampai ke 47 juta kl. Ini karena semua orang beli motor dan mobil," paparnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9141 seconds (0.1#10.140)