Pemerintah klaim MP3EI berjalan cepat

Kamis, 10 Mei 2012 - 16:31 WIB
Pemerintah klaim MP3EI berjalan cepat
Pemerintah klaim MP3EI berjalan cepat
A A A
Sindonews.com - Pemerintah klaim sebagian besar proyek Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di tahun 2012 sudah berjalan cepat. Hal tersebut diterima setelah Rapat Koordinasi Pleno, yang mendengarkan laporan Kelompok Kerja (Pokja) I Conectifity, II Regulasi dan III SDM IPTEK beserta koridornya.

"Secara garis besar bisa saya sampaikan bahwa sejumlah besar yang kami rencanakan proyek tersebut berjalan," ujar Hatta saat ditemui usai Rakor di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta, Kamis (10/5/2012).

Dia menuturkan, hingga saat ini jumlah proyek untuk infrastruktur sebanyak 39 proyek dengan nilai investasi Rp195,9 triliun dan kemudian sektor riil 50 proyek yang nilai investasinya mencapai Rp294,78 triliun.

"Sehingga total nilai investasi Rp490,72 triliun. ini yang sudah divalidasi dari yang tadinya sekitar Rp600 triliun. sehingga tahun 2012 ini Rp490 triliun per Maret 2012 sehingga ini terus akan berkembang atau tervalidasi sampai Rp4000-an triliun," jelasnya.

Sedangkan untuk regulasi, Hatta menuturkan bahwa sudah ada 30 regulasi yang sudah diperbaiki. Selanjutnya, beberapa regulasi sedang diidentifikasi untuk segera dilakukan perbaikan.

"30 (regulasi) itu ada satu UU, beberapa PP, beberapa perpres dan beberapa permen. Kita rasakan masih ada sejumlah peraturan lagi yang akan kita perbaiki," papar Hatta.

Dia menambahkan laporan menunjukkan bahwa masih ada salah satu kendala terbesar yaitu masalah lahan dan penggunaan lahan kehutanan. "Oleh karena itu kami akan mengadakan pertemuan khusus mengundang dunia usaha dan mengundang gubernur dan fokus mengidentifikasi proyek-proyek yang terkendala lahan kemudian kita carikan solusinya secepat mungkin," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, satu tahun MP3EI akan memberikan laporan ke publik pada bulan Agustus mendatang. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7585 seconds (0.1#10.140)