LPG langka, warga Jombang gunakan blotong

Senin, 11 Juni 2012 - 14:50 WIB
LPG langka, warga Jombang gunakan blotong
LPG langka, warga Jombang gunakan blotong
A A A
Sindonews.com - Tak ada rotan, akar pun jadi. Tak ada gas LPG limbah tebu dari pabrik gula-pun ternyata juga bisa pakai untuk bahan bakar memasak.

Karena sulit mendapatkan gas LPG, warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, banyak yang beralih memasak dengan menggunakan blotong atau limbah dari pabrik gula. Selain mudah mendapatkannya, harga blotong juga jauh lebih murah.

Sebagaimana pantauan di lapangan, Senin (11/6/2012), Warga sengaja membeli limbah tebu dari pabrik gula lalu di jemur di halaman rumah mereka. Setelah kering, potongan limbah ini dapat dipakai untuk menyalakan api. Tak hanya dipakai sendiri, sejumlah warga mengaku limbah tebu keringnya juga sering dibeli orang lain untuk bahan bakar memasak.

Sebab akhir-akhir ini banyak warga terutama ibu-ibu di kota jombang yang mengeluh sulit mendapatkan gas LPG. Bahkan tak hanya sulit, harga gas LPG ukuran 3 kilogram (kg) kini juga naik antara Rp14 ribu-Rp15 ribu pertabung. Sementara harga limbah tebu basah satu truk hanya Rp40 ribu saja.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7020 seconds (0.1#10.140)