Awasi ekspor-impor, maritim RI harus diperkuat

Rabu, 04 Juli 2012 - 17:23 WIB
Awasi ekspor-impor, maritim RI harus diperkuat
Awasi ekspor-impor, maritim RI harus diperkuat
A A A
Sindonews.com - Sering digunakannya perairan Indonesia sebagai jalur perdagangan ekspor-impor, mengharuskan Indonesia memperkuat kekuatan maritimnya. Hal ini perlu dilakukan agar Indonesia mampu bersaing dengan negara lain yang ingin memanfaatkan kekayaan laut Indonesia.

"Kalau Indonesia ingin kuat menjaga martabat sebagai bangsa yang kuat, berarti Indonesia harus kuat di bidang maritim maupun pertanian," kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam diskusi 'Kedaulatan Maritim Sebagai Kekuatan' di Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2012).

Dia mengungkapkan, kekuatan bidang maritim juga harus dilakukan agar bisa mengawasi persaingan negara-negara Eropa, Amerika, dan China dalam hal ekspor-impor di kawasan Asia Tenggara.

"Dunia ini makin mengglobal. Akses yang dicari setiap negara pasti bisa menjual produk di laut Pasifik. Ekspor-Impor dari timur ke barat, dan barat ke timur pasti lewat Indonesia. Kalau tidak, biayanya pasti mahal," ujarnya.

Saat ini, menurutnya, ungkapan 'Indonesia bagaikan zamrud khatulistiwa' hanya sekadar menjadi kalimat yang puitis untuk digunakan para seniman. Pasalnya saat ini masyarakat justru lebih memandang Indonesia sebagai negara kepulauan yang dipisahkan oleh laut, bukan negara yang disatukan oleh lautan.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4925 seconds (0.1#10.140)