Penukaran receh, BI Yogyakarta siapkan Rp2,1 T

Rabu, 25 Juli 2012 - 15:53 WIB
Penukaran receh, BI Yogyakarta siapkan Rp2,1 T
Penukaran receh, BI Yogyakarta siapkan Rp2,1 T
A A A
Sindonews.com - Bank Indonesia Cabang Yogyakarta menyiapkan uang kartal (kertas dan logam) sebanyak Rp2,1 triliun. Uang itu diperuntukkan bagi masyarakat yang melakukan penukaran uang pecahaan mulai dari seribu, dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dua puluh ribu, hingga lima puluh ribu.

"Kita sediakan uang dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Direktur Bank Indonesia Cab Yogyakarta, Mahdi Mahmudy, Rabu (25/7/2012).

Ia berharap masyarakat melakukan penukaran uang ke bank yang sudah bekerja sama dengan BI untuk penukaran uang ini. Sedikitnya, ada 18 perbankan, baik bank Umum maupun Bank Perkreditan Rakyat yang bisa melakukan penukaran uang receh.

Penukaran uang itu bertambah waktunya, yakni setiap hari Senin hingga Kamis dari pukul 08.00 hingga pukul 11.30 WIB mulai dari 23 Juli kemarin hingga 16 Agustus mendatang. Sebelumnya, penukaran uang kecil hanya dilayani pada hari Senin dan Kamis.

"Jumlah maupun pecahan tidak akan dibatasi nominalnya, tetapi tetap memperhatikan kepantasan," jelasnya.

Secara teknis, BI Cabang Yogyakarta memisahkan loket bagi masyarakat umum, instansi pemerintah maupun swasta. "Ada loket sendiri-sendiri agar antrian bisa diurai," jelasnya.

Masyarakat diminta tidak perlu khawatir tentang ketersediaan uang di Bank. Sebab, penukaran uang di bank nilai nominalnya sama. "Kalau bisa jangan di calo kalau menukarkan uang," urainya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6372 seconds (0.1#10.140)