Inflasi DIY di atas inflasi nasional

Rabu, 01 Agustus 2012 - 20:00 WIB
Inflasi DIY di atas inflasi nasional
Inflasi DIY di atas inflasi nasional
A A A
Sindonews.com - Kenaikan harga sejumlah barang, berdampak terhadap tingginya inflasi di Kota Yogyakarta. Pada bulan Juli ini, nilai inflasi mencapai 0,76 persen di atas inflasi nasional yang hanya 0,7 persen. Inflasi ini banyak dipengaruhi kenaikan harga daging ayam ras dan gula pasir.

“Kenaikan harga daging ayam ras ikut andil 0,11 persen dan 0,9 disumbangkan dari gula pasir,” jelas Kabid Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Haryono Rabu (1/8/2012).

Menurutnya, kenaikan nilai inflasi ini tidaklah mengagetkan. Sebab menjelang Ramadan dan lebaran, akan terjadi kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok. Kenaikan harga di pasar kian komplek, dengan tingkat belanja masyarakat menjelang tahun ajaran baru.

Selain daging ayam dan gula pasir, kenaikan harga juga dipengaruhi naiknya harga buah-buahan. Buah jeruk memberikan andil hingga 0,08 persen. “Konsumsi jeruk pada bulan Juli cukup tinggi, hingga harganya ikut naik,” jelasnya.

BPS DIY juga mencatat Tingkat Hunian Kamar (TPK) hotel bintang DIY sebesar 58,30 persen, atau naik 2,24 persen. Sedangkan TPK hotel non bintang mencapai 38,61 persen atau meningkat 0,92 persen. “Tingginya tingkat hunian ini, karena bersamaan dengan liburan sekolah,” jelas Haryono.

Tingginya tingkat hunian ini juga ikut dipengaruhi dari maraknya pelaksanaan meeting, intensif, convention and exhibition (MICE). Rata-rata tingkat menginap tamu hanya 1,81 malam.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5042 seconds (0.1#10.140)