Pemerintah siapkan 3 langkah hindari defisit perdagangan

Kamis, 23 Agustus 2012 - 13:38 WIB
Pemerintah siapkan 3 langkah hindari defisit perdagangan
Pemerintah siapkan 3 langkah hindari defisit perdagangan
A A A
Sindonews.com - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengklaim pemerintah telah menyiapkan tiga langkah untuk mengatasi defisit neraca perdagangan Indonesia agar tidak semakin merosot.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia sampai Mei 2012 mengalami defisit mencapai USD485,9 juta atau menurun dari defisit dari bulan sebelumnya mencapai USD764,7 Juta.

"Pertama tentu saja mendorong ekspor kita, dan juga pada investasi foreign direct investment (FDI) serta di portofolio," ujar Hatta Rajasa usai Halal Bi Halal di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Kamis (23/8/2012).

Hatta menambahkan, pengingkatan FDI akan menjadi fokus utama pemerintah, karena mengurangi defisit. "Kita optimistis dengan peningkatan FDI sekitar 30 persen YoY diukur dari PMTB. Ini menunjukan bahwa investasi merupakan faktor yang sangat kuat," kata dia.

Sedangkan langkah kedua, adalah menahan impor bahan baku. Menurutnya, dengan menahan impor bahan baku maka akan menciptakan industri di dalam negeri yang berbasis bahan lokal. "Itu nantinya akan kita berikan insentif berbentuk Tax Holiday," tambahnya.

Sedangkan langkah ketiga, adalah menjaga bahan-bahan yang bersifat konsumtif. "Jangan sampai kita menjadi sangat konsumtif untuk barang-barang impor, Jadi menurut saya kita bekerja keras," tukas dia.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7279 seconds (0.1#10.140)