Medan siap jadi tuan rumah KTT APEC 2013

Sabtu, 22 September 2012 - 15:33 WIB
Medan siap jadi tuan rumah KTT APEC 2013
Medan siap jadi tuan rumah KTT APEC 2013
A A A
Sindonews.com - Medan terpilih menjadi salah satu kota di Indonesia yang akan diseleksi sebagai penyelenggaran Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013.

Pemkot Medan pun mengaku siap menjadi tuan rumah dan berjanji memberikan pelayanan terbaik pada pelaksanaan pertemuan pimpinan tertinggi negara-negara di kawasan Asia Pasifik itu.

Walikota Medan Rahudman Harahap memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah mempertimbangkan Medan sebagai lokasi tempat dilaksanakannya konfrensi tersebut. Dia pun mengaku fasilitas yang ada di Medan sangat memadai untuk pelaksanaan gelaran tersebut.

"Alhamdulilah, kita sangat bersukur atas kepercayaan yang luar biasa dari pemerintah pusat ini. Mudah-mudahan kita benar-benar terpilih. Meski memang masih harus banyak pembenahan tapi saya pikir Medan sangat mumpuni untuk menjadi tuan rumah,” ungkap Rahudman di Balai Kota Medan, Jumat (21/9/2012) malam.

Rahudman menyebut, jika nantinya Medan terpilih, maka kemungkinan besar Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga akan hadir. Pasalnya sejak pertemuan APEC digelar 22 tahun silam, Presiden Amerika Serikat selalu menghadirinya.

“Kalau nantinya Presiden Barack Obama terpilih kembali dalam Pilpres Amerika Serikat yang akan digelar dalam waktu dekat, kemungkinan dia juga akan hadir. Tentunya ini akan menjadi kebanggaan bagi kita dan ke depan akan memberikan pengaruh positif bagi perekonomian dan kepariwisataan di kita. Medan akan tercatat sebagai bagian dari sejarah hubungan internasional,” ungkapnya.

Rahudman pun meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah, untuk memaksimalkan perbaikan kualitas kota secara menyeluruh agar jika nanti penunjukkan benar-benar dilakukan, Medan sudah siap sepenuhnya.

“Mulai saat ini Kota Medan harus bersih dari sampah, terang benderang dan tidak ada lagi jalan berlubang. Hal ini penting agar Kota Medan benar-benar dipercayakan pemerintah pusat menjadi tuan rumah pertemuan APEC Indonesia 2013. Kita semua harus benar-benar kerja keras untuk mewujudkannya,” tegasnya.

Dalam rangka penilaian kelayakan Medan sebagai lokasi penyelenggaraan KTT, tim dari Kementerian Dalam Negeri pun rencananya akan berkunjung ke Medan, Senin (24/9/2012) mendatang. Tim yang terdiri dari 8 orang itu akan menginventarisir seluruh keperluan untuk pelaksanaan konfrensi.

Sebagai informasi, APEC merupakan sebuah institusi regional yang terbentuk pada 1989 dan hingga saat ini beranggotakan 21 negara, termasuk Indonesia. Titik berat pelaksanaan kerja samanya terletak pada bidang liberalisasi dan fasilitas perdagangan dan investasi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9529 seconds (0.1#10.140)