Beli garam rakyat, KKP tingkatkan kemitraan

Kamis, 04 Oktober 2012 - 16:46 WIB
Beli garam rakyat, KKP tingkatkan kemitraan
Beli garam rakyat, KKP tingkatkan kemitraan
A A A
Sindonews.com - Sebagai anggota Tim Koordinasi Swasembada Garam Nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkewajiban untuk membantu petambak garam rakyat.

KKP melalui Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil (KP3K) akan melakukan pertemuan khusus dengan para pengurus koperasi Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) untuk mengakses sumber dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam rangka pembelian garam rakyat.

Disamping itu, KKP juga akan mendorong koperasi PUGAR yang telah menerima dana hibah dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk bermitra dalam pembelian garam rakyat.

“Untuk itu, tahun 2013, Ditjen KP3K telah mengalokasikan dana PUGAR untuk pembuatan gudang tempat penyimpanan garam bagi kepentingan penyimpanan produksi garam rakyat, yang bertujuan untuk mengatur penjualan sehingga bisa membantu untuk menstabilkan harga di tingkat petambak,” terang Dirjen KP3K, Sudirman Saad dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (4/10/2012).

KKP juga meminta Pemerintah Daerah yang mendapatkan bantuan PUGAR untuk membantu melakukan pembelian garam rakyat yang dilaksanakan melalui Perusahaan Daerah. “Salah satunya telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkajene Kepulauan,” tambah Sudirman.

Selain itu, KKP akan melanjutkan berbagai program seperti pengembangan teknologi bio membran, peningkatan peran penyuluh garam, serta koordinasi lintas kementerian. Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dan Non BLM pun akan dikucurkan sebesar Rp107,6 miliar yang akan melibatkan 29 ribu petambak garam untuk menggarap lahan garam seluas 16.500 Ha.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5985 seconds (0.1#10.140)