2014, WIKA bangun pabrik beton di Gresik

Selasa, 08 Januari 2013 - 16:51 WIB
2014, WIKA bangun pabrik beton di Gresik
2014, WIKA bangun pabrik beton di Gresik
A A A
Sindonews.com - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) siap membangun pabrik beton dan kawasan industri di Gresik, Jawa Timur pada 2014. Hal tersebut guna mengembangkan bisnis WIKA beton untuk memenuhi kebutuhan di kawasan timur Indonesia serta bisnis lainnya.

Sekretaris Perusahaan WIKA Natal Argawan Pardede mengatakan, yang dimaksud kawasan industri adalah seperti workshop baja dan industri yang sifatnya infrastruktur. Rencana pembangunan pabrik beton di lahan tak terpakai milik PT Garam Indonesia sangat menguntungkan karena lokasinya berdekatan dengan pantai.

Sementara, pabrik beton perseroan yang sudah eksisting dengan kapasitas sekitar 150 ribu ton per tahun di Jatim tidak dekat pantai.

"Rencana ini memang sudah dari dulu. Namun setelah rapat pimpinan (Rapim) direksi BUMN hari ini, pak menteri memberi peluang itu. Sehingga ini bagaikan gayung bersambut," ujar Natal ketika dihubungi, Selasa (8/1/2013).

Menurut dia, dengan memanfaatkan lahan milik PT Garam, berarti WIKA turut membantu bisnis perusahaan BUMN garam tersebut. Selain itu, perseroan juga berencana membangun pelabuhan untuk mengangkut produk olahan WIKA yang berukuran besar, seperti beton baja. Hal ini guna memudahkan perseroan dalam proses pengiriman, terutama ke wilayah timur Indonesia

"Kami juga tidak menutup kemungkinan untuk membangun pelabuhan di wilayah barat karena untuk memenuhi kebutuhan wilayah barat yang tak kalah menggiurkan pula," paparnya.

Pengembangan pabrik beton Jatim, papar Natal, tidak menutup kemungkinan bisa direalisasikan tahun ini, sehingga perseroan pun bersedia mengubah anggaran investasi tahun ini.

Namun Natal pesimistis bisa diwujudkan lantaran perseroan harus menyelesaikan studi dan izin terlebih dahulu. Sementara tahun ini, perseroan tengah sibuk merampungkan akuisisi PT Sarana Karya dan pembangunan pabrik aspal yang lokasinya berdekatan dengan Sarana Karya, serta pembangunan pabrik beton di Kalimantan Timur.

Natal menegaskan, untuk pembangunan pabrik beton, dana yang disiapkan mencapai Rp250 miliar. Dana tersebut diambil belanja modal anak usaha perseroan sebesar Rp475,5 miliar pada tahun ini.

Sementara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan telah meminta WIKA untuk memanfaatkan aset tanah tak terpakai PT Garam Indonesia (Persero) di Gresik Jawa Timur untuk pengembangan pabrik beton.

"WIKA diizinkan bekerja sama dengan PT Garam untuk manfaatkan lahan seluas 280 hektar di Gresik dengan membangun pabrik beton dan industri listrik karena selama ini pabrik beton WIKA sudah penuh," kata Dahlan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4444 seconds (0.1#10.140)