CPI uji coba injeksi surfaktan lapangan Minas

Rabu, 16 Januari 2013 - 14:23 WIB
CPI uji coba injeksi surfaktan lapangan Minas
CPI uji coba injeksi surfaktan lapangan Minas
A A A
Sindonews.com - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) melakukan uji coba perdana injeksi surfaktan lapangan Minas, Rumbai, Provinsi Riau. Pilot project ini dilakukan untuk 20 sumur percobaan dan akan berlangsung selama 6 bulan.

“Peningkatan produksi minyak bumi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan ekonomi. Sejarah mencatat, sudah 22,8 miliar barel minyak dikeluarkan dari perut bumi Indonesia, dan bisa dibayangkan 50 persen dari itu sekitar 11 miliar barel dihasilkan dari sini (Lapangan Minas),” ujar Kepala SKK Migas yang baru diangkat, Rudi Rubiandini dalam rilisnya, Rabu (16/1/2013).

Proyek uji coba injeksi perdana oleh PT CPI ini bertujuan menguji efektivitas teknologi polimer surfaktan dalam meningkatkan produksi minyak mentah yang tidak dapat lagi diangkat menggunakan metode sekunder dalam perolehan minyak, seperti injeksi air yang digunakan di Lapangan Minas saat ini.

Proyek berbiaya USD165 juta tersebut terdiri atas lapangan sumur yang memiliki 20 sumur yang dibor langsung ke posisi bawah permukaann tanah dengan kedalaman 2.200 kaki, atau sekitar 670 meter.

Jika melihat jumlah sumur dan penggunaan surfaktan serta polimernya, maka proyek Enhanced Oil Recovery (EOR) ini merupakan yang terbesar di Indonesia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4048 seconds (0.1#10.140)