Pemerintah yakin CPO masuk Environment Good List APEC

Jum'at, 25 Januari 2013 - 14:12 WIB
Pemerintah yakin CPO masuk Environment Good List APEC
Pemerintah yakin CPO masuk Environment Good List APEC
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Indonesia optimis minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO) akan ditetapkan sebagai produk ramah lingkungan (environmental good list) dalam konferensi Asian Pacific Economic Confederation (APEC), yang rencananya diadakan di Nusa Dua, Bali, Oktober 2013 mendatang.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Bayu Krisnamurthi menuturkan, Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat telah memberikan sinyal positif akan mengakui CPO sebagai produk ramah lingkungan.

"Karena masih ada proses dengan EPA di Amerika Serikat dan itu sudah semakin mengerucut positif," kata Bayu, usai Sholat Jumat di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (25/1/2013).

Jika sikap EPA di Amerika Serikat ini terus berlanjut hingga mengakui CPO tidak merusak lingkungan, maka CPO bisa masuk dalam Environmental Good List yang dibahas di Konferensi APEC 2013. "Mudah-mudahan Amerika Serikat melanjutkan arah konsistensi kebijakannya, sehingga kita bisa menyertakan CPO dalam (environmental good) list di (Konferensi APEC) 2013," ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menilai, ada alasan politis di balik tudingan negara-negara maju bahwa CPO dari Indonesia merusak lingkungan.

"Banyak negara-negara maju khususnya, saya belum melihat ini semata-mata karena persoalan lingkungan. Justru, saya melihat ini lebih ke masalah teknis, ada kepentingan politik di balik itu," kata Suswono usai membuka SOM APEC di Ritz Carlton.

Seperti diketahui, dalam Konferensi APEC 2012, CPO dituding sebagai produk yang tidak ramah lingkungan, sehingga perlu diperketat syarat-syaratnya untuk masuk ke berbagai negara.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6719 seconds (0.1#10.140)