Kemendag tolak usulan HPP daging sapi

Jum'at, 25 Januari 2013 - 14:42 WIB
Kemendag tolak usulan HPP daging sapi
Kemendag tolak usulan HPP daging sapi
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menolak usulan pembuatan Harga Pokok Pembelian (HPP) daging sapi yang diajukan Komite Daging Sapi Jakarta Raya (KDS Jakarta).

Kemendag menilai, pembuatan HPP tersebut tidak akan menurunkan harga daging sapi yang saat ini terus melambung hingga di atas Rp90 ribu per kilogram (kg). Sebaliknya, pasokan daging sapi bisa semakin berkurang akibat adanya HPP yang membatasi harga.

"HPP itu, inti intervensinya apa? Kalau ada yang melanggar diapakan? Nanti malah berkurang suplainya," ujar Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, ketika ditemui usai Sholat Jumat di Kantornya, Jakarta, Jumat (25/1/2013).

Sebelumnya, KDS Jakarta mengusulkan dibuat HPP untuk daging sapi agar harga daging tidak terus melambung tinggi. "Kami minta Kemendag menetapkan HPP daging. Kalau itu (pasokan) kurang, langsung ditambah (dari impor)," kata Ketua Umum KDS Jakarta, Sarman Simanjorang, belum lama ini.

Mengenai besaran HPP daging sapi, Sarman mengemukakan, angka yang wajar pada kisaran Rp70 ribu-Rp75 ribu per kg. "Harga patokan pasar daging sapi normalnya Rp70 ribu-Rp75 ribu per kg," ungkap dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7526 seconds (0.1#10.140)