Persiapan APEC, Kemendag tingkatkan TOEFL diplomat

Jum'at, 25 Januari 2013 - 16:34 WIB
Persiapan APEC, Kemendag tingkatkan TOEFL diplomat
Persiapan APEC, Kemendag tingkatkan TOEFL diplomat
A A A
Sindonews.com - Sebagai persiapan memperkuat diplomasi perdagangan dalam Konferensi Asian Pacific Economic Confederation (APEC) di Nusa Dua, Bali pada Oktober mendatang, Kementerian Perdagangan terus melatih kemampuan para diplomat yang akan diutus sebagai perwakilan Republik Indonesia (RI) dalam acara tersebut.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengatakan, pihaknya tengah fokus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para diplomat yang akan diutus. Karena itu, kursus Test of English as a Foreign Language (TOEFL) atau ujian kemampuan berbahasa Inggris untuk para diplomat terus digalakan.

"Kita memang merasa itu (kemampuan diplomasi perdagangan) perlu kita tingkatkan terus. Makanya kenapa kita betul-betul commited untuk TOEFL," tutur Bayu ketika diwawancara di Kantornya, Jakarta, Jumat (25/1/2013).

Menurutnya, kemampuan berbahasa Inggris bagi para diplomat amat penting agar kepentingan negara bisa disampaikan dengan baik dan benar kepada negara-negara lain yang hadir dalam konferensi APEC. "Ya kalau bahasanya saja sudah enggak ngerti, mau substansi kayak apa susah," tukas dia.

Peningkatan kemampuan diplomasi perdagangan, lanjut Bayu, saat ini sangat penting untuk dilakukan bila melihat situasi, dimana negara-negara di dunia cenderung meningkatkan proteksi terhadap pasar dalam negeri akibat lesunya perekonomian dunia.

Karena itu, pihaknya terus berupaya agar memperkuat diplomasi perdagangan Indonesia. "Kita dorong terus lah. Itu enggak mudah, tapi melihat tren perkembangannya ya kita coba siapkan terus," pungkas Bayu.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5929 seconds (0.1#10.140)