Tiga alasan PT Pos belum bisa IPO

Jum'at, 25 Januari 2013 - 17:33 WIB
Tiga alasan PT Pos belum bisa IPO
Tiga alasan PT Pos belum bisa IPO
A A A
Sindonews.com - PT Pos Indonesia dinilai belum saatnya mencatatkan saham di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini. Setidaknya ada tiga alasan penting IPO PT Pos Indonesia tidak dilakukan pada 2013.

"Untuk Pos saya lihat belum saatnya untuk IPO," terang pengamat BUMN dan Sekretaris Menteri BUMN periode 2005-2010, Said Didu saat dihubungi, Jumat (25/1/2013).

Menurut Said, ada tiga catatan penting kenapa PT Pos tidak bisa melakukan IPO pada 2013. Pertama, PT Pos terikat dengan perjanjian pos internasional. Kedua, PT Pos masih mendapat subsidi dari pemerintah.

"Pos Indonesia juga menikmati PSO (public service obligation), jadi belum terlalu perlu IPO," kata dia. Ketiga, lanjut Said, dari nilai perusahaan, PT Pos Indonesia masih kecil.

Menurut Said, jika PT Pos Indonesia ingin menjadi perusahaan publik, maka harus meningkatkan kinerjanya lebih dahulu. Hal ini dilakukankan agar sahamnya menarik ketika dilepas ke pasar.

PT Pos Indonesia sebelumnya menargetkan bisa merealisasikan rencana IPO pada semester II tahun ini. Porsi saham yang dilepas pada saat IPO antara 25-35 persen, dengan target dana sekitar Rp1-1,5 triliun.

Namun, bersama dengan PT pegadaian rencana IPO ditolak Komite Privatisasi lantaran terganjal masalah revaluasi. Sedangkan Pegadaian dikhawatirkan akan berorientasi laba.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6060 seconds (0.1#10.140)