4 Anak BUMN Bakal Melantai di Bursa Tahun Depan, Ini Profil Singkatnya

Kamis, 08 Desember 2022 - 21:24 WIB
loading...
4 Anak BUMN Bakal Melantai di Bursa Tahun Depan, Ini Profil Singkatnya
Rencana Initial Public Offering (IPO) yang akan dilakukan 4 BUMN pada 2023 diyakini akan memperkuat ekosistem bisnis masing-masing perusahaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan, rencana Initial Public Offering (IPO) yang akan dilakukan 4 BUMN pada 2023 diyakini akan memperkuat ekosistem bisnis masing-masing perusahaan. Keempat perseroan itu berasal dari sektor bisnis yang berbeda, mulai dari energi hingga pangan.

Baca Juga: BEI Bidik 57 Emiten Baru IPO Tahun Depan, Ada Anak BUMN

Empat anak usaha pelat merah yang akan melakukan penawaran saham perdana yakni PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), Pertamina Hulu Energi (PHE), PalmCo, dan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT).

"Untuk bisa meningkatkan ketahanan pangan dan energi, rencana empat anak usaha BUMN melakukan penawaran saham ke publik di 2023," ujar Wamen BUMN I, Pahala Nugraha Mansury dikutip, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga: BEI: Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia Tembus 10 Juta

Terkait dengan aksi korporasi tersebut, MNC Portal Indonesia pun merangkum profil singkat keempat anak perusahaan BUMN .

Pertamina Geothermal Energy:

Pertamina Geothermal Energy merupakan salah satu anak usaha PT Pertamina Power Indonesia yang bersinergi dengan sesama entitas di bawah naungan PT Pertamina (Persero). Pada 2006, PGE didirikan untuk melanjutkan tongkat estafet pengembangan dan pengelolaan energi panas bumi untuk menghasilkan energi yang bersih, ramah lingkungan dan terjangkau.

Setahun setelah didirikan, PGE meresmikan satu unit PLTP tambahan di WKP Lahendong, Provinsi Sulawesi Utara. Pembangunan PLTP Area Lahendong Unit II dengan kapasitas 20 MW ini sudah dimulai sejak 2004. Saat ini perusahaan mengelola 13 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dengan total kapasitas terpasang sebesar 1877 MW.

PGE memanfaatkan panas bumi melalui skema pemanfaatan langsung maupun tidak langsung. Saat ini sebagian besar pemanfaatan panas bumi dilakukan dengan skema pemanfaatan tidak langsung.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3049 seconds (11.97#12.26)