Hutama Karya dipercaya kerjakan tol Sumatera

Senin, 28 Januari 2013 - 13:36 WIB
Hutama Karya dipercaya kerjakan tol Sumatera
Hutama Karya dipercaya kerjakan tol Sumatera
A A A
Sindonews.com - Pemerintah mendukung penuh kepada PT Hutama Karya untuk mengerjakan jalan tol Sumatera sepanjang Aceh sampai Bakauheni, Lampung. Di tahap awal, Hutama Karya akan memperoleh ijin dari BPJT serta mendapat penugasan dari pemerintah.

“Dan nanti akan kita dukung penuh untuk pembangunan jalan tol itu. Dari aceh sampe Bakauheni,” kata Menteri Keuangan, Agus Martowardojo dalam rilisnya, Senin (28/1/2013).

Terkait sumber pendanaan, Agus menyebutkan beberapa pilihan untuk pembangunan jalan tol tersebut. Pertama, dari Penanaman Modal Negara (PMN), yaitu bersumber dari penempatan dana di Hutama Karya.

“Atau dalam bentuk SLA (sisa lebih anggaran) yaitu pemerintah pusat mencari dana di luar negeri kemudian ditempatkan, atau di-onlanding-kan di Hutama Karya,” kata Agus menyebutkan pilihan kedua.

Kemudian, lanjut Agus, sumber dana bisa juga didapat pemerintah dengan menerbitkan bond, dengan tujuan proyek jalan tol sepanjang Sumatera. Atau, dana juga bisa didapat dari obligasi yang dikeluarkan oleh Hutama Karya sendiri.

Yang paling penting, menurut Agus, adalah Hutama Karya harus menyiapkan feasibility study yang baik, sehingga bisa dilihat kelayakan proyeknya. Selain itu, walau disokong Pemerintah, Hutama Karya juga diharapkan bisa mandiri dengan tujuan proyek jalan tol Sumatera ini dapat segera direalisasikan.

“Kita ingin jalan tol Sumatera itu terwujud cepat, dan nanti justru ekonomi semakin baik dengan adanya jalan tol,” pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6622 seconds (0.1#10.140)