Pengusaha minta turun, Kemendag malah naikan BK CPO

Selasa, 29 Januari 2013 - 18:36 WIB
Pengusaha minta turun,...
Pengusaha minta turun, Kemendag malah naikan BK CPO
A A A
Sindonews.com - Di tengah desakan para pengusaha yang meminta penurunan Bea Keluar (BK) untuk ekspor minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO), Kementerian Perdagangan (Kemendag) malah mengumumkan kenaikan BK CPO dari 7,5 persen menjadi 9 persen, atau naik 1,5 persen dari akhir 2012.

"Untuk penetapan Bea Keluar CPO sebesar 9 persen, terdapat kenaikan BK sebesar 1,5 persen dibandingkan periode bulan sebelumnya yaitu 7,5 pesen," ungkap Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Bacrul Chairi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan berjanji akan mempertimbangkan penurunan BK CPO untuk menjaga pasar-pasar utama CPO Indonesia yang tengah terancam direbut Malaysia.

"Akan kita pertimbangkan, memang Malaysia sudah menurunkan sampai 0 persen, kita akan coba. Kita kan sekarang sudah 7,5 persen, nanti kita akan kita coba dulu," kata Gita Wirjawan beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mendesak pemerintah segera menurunkan BK CPO untuk menjaga daya saing produk CPO Indonesia.

Pasalnya, CPO Indonesia saat ini tengah dihadapkan pada dua kebijakan baru dari Malaysia yang menetapkan bea ekspor CPO sebesar 0 persen per Februari 2013, serta India yang akan mengenakan bea impor CPO sebesar 2,5 persen. Dua ancaman ini dikhawatirkan akan menurunkan daya saing CPO Indonesia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0638 seconds (0.1#10.140)