Harga daging sapi bisa tembus Rp120 ribu per kg

Senin, 04 Februari 2013 - 14:22 WIB
Harga daging sapi bisa...
Harga daging sapi bisa tembus Rp120 ribu per kg
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memperkirakan, harga daging sapi bisa menyentuh Rp120 ribu per kilogram (kg) jika pemerintah membiarkan harga daging sapi terus melambung.

"Tiga bulan sebelum Ramadan tahun lalu, harga daging sekitar Rp60 ribu (per kg). Sekarang sudah Rp90-95 ribu (per kg). Kita harus antisipasi, nanti lebaran jadi Rp120 ribu (per kg), kalau kondisinya tetap seperti ini," ujar Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Namun, Wamendag tidak menyarankan penambahan impor untuk memenuhi tingginya permintaan daging sapi di dalam negeri. Dia meminta, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) segera menyuplai daging sapi ke kota-kota yang kebutuhan daging sapinya tinggi, misalnya Jakarta. "RPH-RPH, pasoklah ke Jakarta dan sentra-sentra konsumsi," ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan, akan tetap diam dan tidak akan menambah impor daging sapi untuk menurunkan harga daging sapi.

"Kita bertahan daging sapi atas kesepakatan Rakor kita pertahankan (kuota impor) 80 ribu ton. Sapi bakal kita konversi 48 ribu ton dan sapi beku 32 ribu ton," ujar Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, beberapa waktu lalu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0837 seconds (0.1#10.140)