Kemendag tingkatkan promosi produk Indonesia

Minggu, 10 Februari 2013 - 09:23 WIB
Kemendag tingkatkan promosi produk Indonesia
Kemendag tingkatkan promosi produk Indonesia
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengemukakan, untuk mencapai target ekspor nasional 2013 di saat pemulihan ekonomi global adalah dengan konsisten membuka akses pasar di negara-negara nontradisional (negara-negara di kawasan Afrika, Asia Selatan, Asia Tengah, Amerika Tengah dan Amerika Latin) serta mempertahankan pasar yang telah ada di negara-negara tradisional (Amerika Serikat, Eropa, China dan Jepang).

Karena itu, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) telah menyusun program promosi 2013 yang fokus pada fasilitasi berbagai pameran skala internasional, baik di dalam maupun luar negeri, misi dagang serta nation branding.

“Implementasi dari ketiga program ini diharapkan mampu memperkenalkan produk dan potensi yang dimiliki Indonesia di mata dunia serta meningkatkan ekspor," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Gusmardi Bustami dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/2/2013).

Fasilitasi Kemendag pada pameran luar negeri, antara lain menyiapkan tempat pameran dan membangun Paviliun Indonesia, serta membantu pengiriman barang peserta pameran.

Adapun untuk pameran dalam negeri, fasilitasi terbatas pada beberapa pameran besar dan puncaknya adalah penyelenggaran Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan diadakan pada 16-20 Oktober 2013.

“Penyelenggaraan TEI tahun ini akan mengembangkan konsep dan pola sinergitas yang diharapkan dapat semakin meningkatkan investasi asing dan kinerja industri dalam negeri,” imbuh Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kemendag, Pradnyawati.

Disamping itu, Kemendag juga aktif melakukan kampanye nation branding yang menampilkan potensi perdagangan Indonesia. Kampanye ini selain memanfaatkan media TV internasional, juga dituangkan dalam bentuk penyelenggaraan Indonesian Night pada World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss pada Januari 2013 serta kegiatan-kegiatan besar di dalam negeri seperti APEC CEO.

Selain itu, Summit pada Oktober 2013 dan Konferensi Tingkat Menteri World Trade Organization (WTO) pada Desember 2013 mendatang.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2297 seconds (0.1#10.140)