Prospek peringkat Indomobil Finance jadi negatif

Senin, 11 Februari 2013 - 15:07 WIB
Prospek peringkat Indomobil Finance jadi negatif
Prospek peringkat Indomobil Finance jadi negatif
A A A
Sindonews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan prospek peringkat PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI) menjadi negatif dari sebelumnya stabil.

"Perubahan prospek dari peringkat tersebut lantaran melemahnya kualitas aset perusahaan pada bisnis pembiayaan konsumen dan bisnis penyewaan," kata analis Pefindo Dipo Akbar Panuntun dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (11/2/2013).

Dia menjelaskan, peringkat perusahaan dan seluruh obligasi yang belum jatuh tempo senilai Rp2,2 triliun ditetapkan idA, yang mencerminkan sinergi bisnis yang kuat dari induk perusahaan, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil Group) dan kuatnya tingkat permodalan perusahaan.

Kendati demikian, menurut Dipo, peringkat tersebut dibatasi indikator kualitas aset perusahaan yang lemah dan tingkat persaingan di industri pembiayaan yang ketat. Jika indikator kualitas aset perusahaan tidak menunjukkan perbaikan dalam jangka pendek, maka Pefindo akan menurunkan peringkat tersebut.

Sementara untuk Obligasi Berkelanjutan I/2012 tahap 1 seri A senilai Rp319 miliar yang akan jatuh tempo pada 21 Mei 2013, Pefindo memandang, IMFI sanggup untuk melunasinya dengan menggunakan dana internal. Pada akhir tahun lalu, saldo kas dan setara kas perusahaan tercatat sebesar Rp223,4 miliar dengan rata-rata pembayaran piutang per bulan sekitar Rp250 miliar.

IMFI memiliki captive market untuk pembiayaan sejumlah merek Indomobil, terutama untuk Nissan, Hino, Volvo Truck dan Renault Truck. Adapun, saham perusahaan, sebesar 99,9 persen dimiliki PT Indomobil Sukses Internasional Tbk dan sisanya 0,1 persen oleh PT IMG Sejahtera Langgeng.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9459 seconds (0.1#10.140)