Harga bawang putih 'labil', bawang merah stabil

Kamis, 21 Februari 2013 - 13:58 WIB
Harga bawang putih labil, bawang merah stabil
Harga bawang putih 'labil', bawang merah stabil
A A A
Sindonews.com - Melonjaknya harga bawang putih hingga menyentuh Rp30 ribu per kilogram (kg) akibat cuaca buruk belakangan ini, tidak memengaruhi harga bawang merah.

"Saya kira enggak ada (pengaruhnya) kok," Wakil Ketua Asosiasi Perbenihan Bawang Merah Indonesia (APBMI), Akat kepada Sindonews di Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Akat menambahkan, harga bawang merah tetap stabil di kisaran Rp12-13 ribu per kg di tingkat petani. "Bawang merah masih dalam kondisi stabil. Di tingkat petani Rp12-13 ribu," imbuhnya.

Seperti dikberitakan sebelumnya, cuaca buruk yang sempat diwarnai bencana alam, seperti banjir di sejumlah wilayah menyebabkan sejumlah bahan pokok kebutuhan rumah tangga berupa sayuran dan bumbu-bumbuan mengalami kenaikan signifikan.

"Semua naik. Mulai ada hujan, trus sempat banjir gede, harga-harga mulai pada naik," terang seorang pedagang di Pasar Blok A, Samsul Arifin kepada Sindonews pagi ini.

Kenaikan paling signifikan terjadi pada harga bawang putih yang menyentuh harga Rp30 ribu per kilogram (kg). Samsul menyebutkan, kenaikan ini adalah harga tertinggi bawang putih sepanjang sejarah karena dalam setahun terakhir, harga bawang putih hanya berada pada harga Rp5 ribu.

Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sampai menginstruksikan jajarannya untuk mengawasi sejumlah harga bawang putih yang mengalami kenaikan kurang wajar.

"Saya berharap para Menteri dan Gubernur untuk mewaspadai dan mengendalikan stabilisasi atas sejumlah harga-harga sembako yang mengalami kenaikan kurang wajar," ujar SBY baru-baru ini.

Berdasarkan catatannya, harga bawang putih dalam dua bulan belakangan melonjak cukup tajam dari Rp25 ribu mencapai Rp30 ribu per kg.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9235 seconds (0.1#10.140)