UMKM DIY diminta manfaatkan internet

Senin, 25 Februari 2013 - 15:54 WIB
UMKM DIY diminta manfaatkan internet
UMKM DIY diminta manfaatkan internet
A A A
Sindonews.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus mampu menggunakan teknologi informasi (IT) berbasis internet. Karena IT telah menjadi bagian penting bagi promosi dan pemasaran produk. Banyak model bisa ditawarkan ke pasar melalui website.

“Dengan IT, jangkauan pasar lebih luas, karena mampu menjangkau pasar ekspor,” jelas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), Riyadi Ida Bagus di Yogyakarta, Senin (25/2/2013).

Menurutnya, pihaknya memiliki website yang bisa dimanfaatkan bagi UMKM, yaitu www.jogjaplasa.com. Di dalam website ini terdapat lebih dari 1.200 macam desain dari 170 pelaku usaha di DIY. Setiap harinya, wwbsite ini diakses hingga lebih dari 800 orang. “30 persen transaksi terjadi di sini, dan berlanjut,” tandasnya.

Riyadi menambahkan, Disperindagkop DIY akan terus melakukan sosialisasi dan pelatihan IT bagi pelaku UMKM. Mereka diberikan kesadaran tentang pentingnya internet dalam membantu usahanya. "Dalam dunia global, internet menjadi salah satu media promosi yang efektif," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8192 seconds (0.1#10.140)