Garuda belum berminat buka jalur Makassar-Kinabalu

Kamis, 28 Februari 2013 - 14:07 WIB
Garuda belum berminat buka jalur Makassar-Kinabalu
Garuda belum berminat buka jalur Makassar-Kinabalu
A A A
Sindonews.com - Vice President Eastern Indonesia Region PT Garuda Indonesia Tbk, Rosyinah mengatakan, belum punya rencana membuka jalur Makassar-Kinabalu.

"Saat ini fokus kami untuk melayani penerbangan di KTI (Kawasan Timur Indonesia). Sejauh ini saja, kami belum seluruhnya menerbangi KTI, masih tersisa Mamuju, Sorong, Manokwari dan Berau, jika semua itu sudah kami terbangi mungkin baru akan melirik bagian utara Makassar," kata dia saat dikonfirmasi, Kamis (28/2/2013).

Walau demikian, kata Rosyinah, rute Makassar-Kinabalu sudah sempat masuk dalam daftar evaluasi yang hingga kini belum menunjukkan hasil.

"Pada dasarnya kami bekerja sesuai perencanaan dari pusat, mungkin belum tahun ini, bisa saja tahun depan, sisa keputusan pimpinan pusat saja," kata dia.

Sementara soal kota-kota di KTI yang belum diterbangi Garuda, tahun ini akan diresmikan rute Makassar-Mamuju dan Makassar-Sorong. Rencana awal Garuda, rute tersebut akan diresmikan pada Juni dan Juli 2013, hanya saja masih menunggu kesiapan infrastruktur daerah masing-masing.

Sebelumnya, Garuda Indonesia yang telah menjadikan Makassar sebagai Hub (bandar udara pengumpul) untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI) diminta oleh kalangan pengusaha dan pelaku pariwisata agar bisa terbang langsung menuju Kinabalu di bagian utara Makassar.

"Dengan terbang langsung ke Kinabalu, jalur penerbangan ke Hongkong akan mudah, hanya membutuhkan waktu dua jam, begitu pula dengan negara-negara lain di sebelah utara Makassar," ujar Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Ilham Alim Bachrie.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7269 seconds (0.1#10.140)