Jasa Sarana bangun dua proyek geothermal 50 MW

Jum'at, 01 Maret 2013 - 17:33 WIB
Jasa Sarana bangun dua proyek geothermal 50 MW
Jasa Sarana bangun dua proyek geothermal 50 MW
A A A
Sindonews.com - PT Jasa Sarana menargetkan dapat menyelesaikan pembangunan dua Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB/geothermal) di Jawa Barat (Jabar) pada 2015.

Direktur Utama PT Jasa Sarana, Soko Shandy Bowono mengatakan, saat ini Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sedang menyelesaikan dua proyek geothermal di Jabar, yaitu di Cisolok dan Tampomas. Kedua proyek tersebut nantinya mampu menghasilkan tenaga listrik sampai 50 megawatt (MW).

"Saat ini baru sampai pada proses driling. Awal 2015 dipastikan selesai dan mulai beroperasi secara komersil," jelas Soko di Bandung, Jumat (1/3/2013).

Dia mengakui, proyek tersebut merupakan dua dari sejumlah proyek pembangkit listrik yang digarap PT Jasa Sarana. Kedua proyek tersebut dibangun dengan investasi miliaran rupiah. Di mana investasi untuk pembangkit geothermal di Cisolok mencapai USD110 juta. Sedangkan geothermal di Tampomas sebesar USD103 juta.

Ditemui terpisah, Kepala Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG) Badan Geologi Kementerian ESDM, Kalvin Butar Butar mengatakan, Jabar merupakan salah satu provinsi penghasil panas bumi terbesar di Indonesia. Namun demikian, potensi tersebut belum seluruhnya dimanfaatkan. "Potensi panas bumi yang ada di Jabar sekitar 6000 MW," ujarnya.

Dari potensi tersebut, lanjutnya, yang telah dimanfaatkan menjadi PLTPB hanya di beberapa daerah. Yaitu di Garut, Kabupaten Bandung serta Sukabumi. Sisanya, belum dimanfaatkan.

Menurut Kalvin, di Indonesia ada sekitar 299 titik panas bumi. Pada 2012, ditemukan sebanyak 22 lokasi wilayah pertambangan potensi panas bumi di Indonesia. Secara akumulatif hingga 2012 telah diidentifikasi sebanyak 299 daerah yang memiliki potensi panas bumi. Dari potensi yang telah teridentifikasi tersebut memiliki potensi panas bumi hingga 28,8 giga watt energi (GWe).

"Potensi tersebut merupakan pemetaan pada 2012. Tahun ini, rencananya ada 22 titik lagi yang kami survei. Di antaranya di Indonesia Timur," kata dia.

Beberapa daerah di Indonesia Timur yang mempunyai potensi panas bumi adalah NTT, NTB, dan Sulawesi. Potensi panas bumi di wilayah Indonesia Timur dinilai sangat besar. Selain Indonesia Timur, Jabar, Sumatera, dan Sulawesi juga memiliki potensi besar atas kekayaan panas bumi.

"Indonesia memiliki potensi panas bumi hingga sebesar 29 ribu megawatt. Cadangan panas bumi di Indonesia merupakan 40 persen dari kekayaan panas bumi dunia," ungkap dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0756 seconds (0.1#10.140)