IndiPreneur Telkom jaring 501 UMKM

Minggu, 03 Maret 2013 - 16:42 WIB
IndiPreneur Telkom jaring...
IndiPreneur Telkom jaring 501 UMKM
A A A
Sindonews.com - PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) mengklaim program Indonesia Digital Entrepreneur (IndiPreneur) yang diluncurkannya pada 11 Februari 2013 lalu telah berhasil menjaring 501 pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah), terdiri dari 485 pelaku UMKM yg membangun portal usahanya dan 16 pelaku UMKM yg langsung menggunakan aplikasi e-toko utk transaksi usahanya secara online (e-commerce).

Menurut Direktur Enterprise and Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin, Program INDIPreneur merupakan komitmen Telkom untuk meningkatkan potensi 100.000 UMKM Indonesia di tahun 2013 melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang efektif dalam bentuk penyediaan koneksi internet broadband serta berbagai infrastruktur, platform dan aplikasi untuk pengelolaan bisnis online yang menggunakan teknologi cloud computing. Saat ini pelaku komunitas UMKM yang sudah bergabung seluruhnya berjumlah 14.603 UMKM melalui portal www.smartbisnis.co.id

"Dalam program IndiPreneur, Telkom memberikan akses internet dan berbagai aplikasi bisnis online seperti web hosting, domain name dan e-commerce application secara gratis agar pelaku UMKM tidak harus terbebani biaya yang tidak relevan dengan bisnisnya namun hanya membayar ketika terjadi transaksi bisnis online dengan nilai berkisar Rp100–Rp1.000,- per transaksi online," papar Awaluddin dalam rilis yang diterima Sindonews di Jakarta, Minggu (3/3/2013).

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan untuk UMKM ini juga menggunakan konsep open platform sehingga membuka kesempatan bagi pihak-pihak lain (content developer, application developer) untuk bermitra memperkaya content dan aplikasi tersebut dengan kemampuan lain yang mungkin dikembangkan.

Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya oleh Muhammad Awaluddin, bahwa dalam program IndiPreneur, Telkom telah menyiapkan biaya tak kurang dari Rp10 Miliar yang diantaranya adalah untuk pengembangan berbagai aplikasi bisnis serta layanan menyeluruh mencakup penyediaan DNA-P (Device, Network, Application dan Platform).

"Melihat animo yang luar biasa dari masyarakat untuk bergabung dalam program IndiPreneur, Telkom merencanakan untuk membangun IndiPreneur Mobile Kiosk sehingga lebih cepat untuk menjangkau kebutuhan pelaku UMKM sampai ke pelosok pelosok," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8712 seconds (0.1#10.140)