Pefindo tetapkan peringkat idAA untuk Timah

Kamis, 07 Maret 2013 - 10:47 WIB
Pefindo tetapkan peringkat idAA untuk Timah
Pefindo tetapkan peringkat idAA untuk Timah
A A A
Sindonews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia Tbk (Pefindo) menetapkan peringkat idAA untuk PT Timah Tbk (TINS). Adapun prospek dari peringkat tersebut adalah stabil.

Analis Pefindo, Haryo Koconegoro mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan posisi perusahaan yang memiliki biaya produksi yang relatif efisien karena operasional perusahaan yang terintegrasi.

"Selain itu, tingkat utang berbunga yang sangat konservatif dan proteksi arus kas yang kuat," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Kendati demikian, menurut Haryo, peringkat tersebut dibatasi maraknya praktek penambangan liar dan volatilitas harga timah di pasar komoditas dunia. Produk lempengan timah memberi kontribusi mencapai 91,7 persen terhadap penjualan perseroan sepanjang sembilan bulan pertama tahun lalu.

TINS merupakan perusahaan tambang timah pelat merah dengan produk utama lempengan timah. Per akhir September 2012, saham perseroan mayoritas atau mencapai 65 persen dimiliki pemerintah, sedangkan sisanya atau sekitar 35 persen dimiliki publik.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6724 seconds (0.1#10.140)