Lawan investasi ilegal, OJK akan bentuk UMI

Kamis, 07 Maret 2013 - 17:18 WIB
Lawan investasi ilegal, OJK akan bentuk UMI
Lawan investasi ilegal, OJK akan bentuk UMI
A A A
Sindonews.com - Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti Soetiono menyatakan dirinya akan membuat unit market intelligent (UMI) yang memiliki kegiatan untuk memantau beberapa situs internet yang disinyalir menjadi situs dari investasi ilegal.

Selain itu, OJK akan terus mensosialisasikan pemahaman akan keamanan berinvestasi dan menggalakkan iklan agar masyarakat waspada terhadap model bisnis investasi ilegal.

"Kita akan memantau dan mendatangi perusahaan-perusahaan yang ditengarai memiliki model bisnis investasi ilegal tersebut untuk meminta informasi-informasi siapa pemberi izinnya dan bagaimana mekanisme bisnisnya," katanya di Kantor Pusat OJK, Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Dia menambahkan, UMI akan mencari tahu informasi dan data mengenai unsur penipuan dan kriminal, lalu diserahkan ke Satuan Tugas Waspada Investasi. "Tapi apabila perusahaan tersebut di bawah izin OJK maka OJK akan langsung menindak perusahaan investasi tersebut," tegasnya.

Pembetukan unit ini masih terkendala ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM). Namun akan segera diadakan personelnya pada tahun ini juga.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6654 seconds (0.1#10.140)