K/L diminta susun perencanaan anggara lebih baik

Senin, 11 Maret 2013 - 14:22 WIB
K/L diminta susun perencanaan...
K/L diminta susun perencanaan anggara lebih baik
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo berharap Kementerian dan Lembaga (K/L) dapat menyusun perencanaan anggaran lebih baik.

Agus mengaku belum bisa menanggapi terkait beberapa pihak yang menudingnya tidak efisien soal sistem aplikasi penganggaran Rencana Kerja Anggaran Kementerian dan Lembaga.

"Saya belum ada komentar terkait (sistem anggaran) tidak efisien karena belum tahu apa yang diangkat di situ. Kalau sudah lebih jelas, tentu akan bisa direspon," Katanya, di Jakarta, (11/3/2013).

Meski demikian, Agus meminta agar K/L untuk menyusun anggaran yang lebih tepat sasaran dan pengelolaan yang lebih baik. "Proses penyusunan anggaran yang lebih baik tata kelolanya, transparansinya, dan akuntabilitasnya. Itu terus dilakukan selama tiga tahun ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, jika penyusunan anggaran dapat disusun dan disiapkan dengan baik dari awal, kemudian diajukan ke nota keuangan serta dibahas di DPR dan disetujui dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), maka pelaksanaan anggaran seharusnya bisa langsung dijalankan tanpa perlu ada revisi-revisi sejak awal tahun.

"Jadi kalau seandainya revisi-revisi yang dilakukan K/L diminta persetujuannya ke kemenkeu tentu itu contoh pengelolaan anggaran yang kurang efisien. Karena kalau perencanaannya baik, pasti pelaksanaannya juga baik,"

"K/L harus perbaiki perencanaannya dan kemenkeu tugasnya melakukan review atas permintaan perencanaan anggaran dan memastikan penyediaan anggaran untuk digunakan," imbuh Agus.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1633 seconds (0.1#10.140)