Mentan dan Mendag diminta lakukan bilateral

Rabu, 13 Maret 2013 - 12:52 WIB
Mentan dan Mendag diminta lakukan bilateral
Mentan dan Mendag diminta lakukan bilateral
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa akan segera mempertemukan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono dan Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan terkait masalah bawang putih yang tak kunjung redam.

"Soal bawang saya minta Mentan dan mendag untuk melakukan bilateral sesegera mungkin untuk memperbaiki Permentan (Peraturan Menteri Pertanian) dan Permendag (Peraturan Menteri Perdagangan) terutama yang berkaitan dengan bawang putih. Tata niaganya saya minta diperhatikan agar suplainya cukup," kata Hatta di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Menurut Hatta, pembatasan impor terhadap bawang putih kurang begitu tepat, karena ternyata petani dalam negeri hanya menyuplai lima persen dari kebutuhan yang ada saat ini.

"Impor memang harus kita lakuan manakala suplai tidak cukup, itu bukan tujuan utama. Sekarang petani bawang putih kita itu hanya lima persen, karena iklim kita tidak pas untuk bawang putih," jelas Hatta.

Langkah bilateral antara Mentan dan Mendag ini, lanjut Hatta, perlu dilakukan mengingat ternyata permasalahan bawang putih merupakan pemicu yang kuat atas tingginya inflasi pada Februari kemarin.

"Sangat tidak wajar kalau bawang mendorong inflasi sampai 0,17-0,21 persen dari 0,75 persen. Ini harus kita atasi hari ini bilateral Mentan dan Mendag, setelah itu akan disampaikan ke Menko Perekonomian untuk dibahas. Intinya pasokan pasar segera dipenuhi," tegas Hatta.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6054 seconds (0.1#10.140)