Tembus Rp80 ribu/kg, bawang putih hilang di pasaran

Rabu, 13 Maret 2013 - 17:27 WIB
Tembus Rp80 ribu/kg,...
Tembus Rp80 ribu/kg, bawang putih hilang di pasaran
A A A
Sindonews.com - Meroketnya harga bawang putih dalam beberapa hari terakhir, membuat stok di pasaran mulai menghilang. Para pedagang mengaku kesulitan mendapatkan pasokan bawang putih.

Sejumlah pedagang yang ditemui mengaku tak berani ambil risiko dengan membeli bawang putih yang harganya mencapai Rp80 ribu per kilogram (kg). Jika harus menyimpan stok, hanya untuk kebutuhan para pelanggan.

"Bawang putih sulit didapat. Harganya juga sangat tinggi. Untuk sementara lebih baik tidak membeli bawang, daripada risiko rugi besar," kata Supardi, seorang pedagang di Pasar Bangil, Jawa Timur, Rabu (13/3/2013).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan, Agung Maryono mengatakan, bahwa pasokan bawang putih mengalami hambatan akibat persoalan bongkar muat di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Akibatnya, pasokan menjadi minim dan membuat harga di pasar melonjak.

"Pasokan bawang untuk di Pasuruan disuplai dari pedagang di Pasar Pabean, Surabaya. Saat ini pasokan bawang tidak tersedia di pasaran, sehingga harganya melambung," tandas Agung.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4689 seconds (0.1#10.140)