IHSG diprediksi akan mengalami tekanan

Kamis, 14 Maret 2013 - 08:03 WIB
IHSG diprediksi akan...
IHSG diprediksi akan mengalami tekanan
A A A
Sindonews.com - Kepala Riset MNC Securities, Edwin Sebayang memproyeksikan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini akan bergerak di kisaran 4.811-4.864. Dengan pola two black crows di area overbought terbentuk atas IHSG mengindikasikan bearish continuation, IHSG akan mengalami tekanan kendati terbatas.

Sejumlah katalis asing seperti faktor penjualan retail Amerika Serikat bulan Februari meningkat sebesar 1,1 persen (kenaikan terbesar sejak September 2012 setelah direvisi naik menjadi 0,2 persen di bulan Januari dan diatas ekspektasi ekonom yang memperkirakan kenaikan sebesar 0,5 persen) naik lebih besar dari yang diperkirakan semula menjadi variabel yang memicu pergerakan IHSG

Kondisi tersebut, kata Edwin, seiring konsumen Amerika membeli kendaraan bermotor dan barang lainnya walaupun mereka membayar lebih banyak untuk BBM, mengindikasikan belanja konsumen kuartal 1/2013 akan meningkat ditengah kenaikan pajak.

Kondisi tersebut juga dipandang menjadi variabel pendorong Dow Jones kembali naik sangat tipis di hari kesembilan sebesar 5,22 poin (+0,04 persen) ditengah tipisnya volume dan value perdagangan diiringi penurunan The Vix sebesar 3,59 persen ditutup pada level 11,83.

Variabel kejatuhan Bursa Asia ditengah kenaikan terpanjang Dow Jones sejak November 1996, sehingga membukukan level tertinggi baru walaupun volume perdagangan sangat tipis serta minimnya sentimen positif dari dalam negeri diiringi mulai dibukukannya net sell asing menjadi faktor penggerak IHSG Kamis ini.

"Kami perkirakan IHSG masih berpeluang tertekan dalam kisaran terbatas," simpul Edwin.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0652 seconds (0.1#10.140)