Ekonomi Jerman terhambat konstruksi-investasi

Jum'at, 24 Mei 2013 - 15:33 WIB
Ekonomi Jerman terhambat konstruksi-investasi
Ekonomi Jerman terhambat konstruksi-investasi
A A A
Sindonews.com - Pertumbuhan ekonomi Jerman pada kuartal pertama (Q1) 2013 terhambat penurunan aktivitas konstruksi dan investasi, akibat musim dingin yang parah dan resesi di Eropa.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (24/5/2013), Kantor Statistik Federal Jerman mengatakan, konstruksi turun 2,1 persen dari kuartal keempat dan investasi modal turun 1,5 persen.

Melihat kawasan 17 negara zona euro terperosok dalam resesi dan Maret terdingin, ekonomi terbesar di Eropa itu telah mengandalkan permintaan domestik untuk mengangkut kembali ke pertumbuhan. Di mana PDB turun 0,7 persen pada kuartal keempat 2012.

"Hasil yang mengecewakan di kuartal pertama terutama disebabkan cuaca dingin dan sensitivitas perusahaan terhadap perkembangan di seluruh Eropa," kata Gerd Hassel, seorang ekonom dari BHF Bank AG, Frankfurt.

"Sementara ketidakpastian sepenuhnya belum cukup hilang, harus ada rebound dalam kegiatan konstruksi pada kuartal kedua dan kita bisa melihat hasil yang lebih baik dari perkiraan," tambahnya.

Pengeluaran rumah tangga naik 0,8 persen pada kuartal pertama, sedangkan pengeluaran pemerintah turun 0,1 persen. Demikian pula, ekspor turun 1,8 persen dan impor turun 2,1 persen.

Permintaan domestik tidak menambah pertumbuhan konsumsi yang lebih kuat diimbangi investasi yang lebih lemah, sementara perdagangan bersih menyumbang 0,1 poin persentase terhadap PDB.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9527 seconds (0.1#10.140)