Tiket KA eksekutif dan bisnis di Bojonegoro ludes

Jum'at, 29 Maret 2013 - 18:37 WIB
Tiket KA eksekutif dan...
Tiket KA eksekutif dan bisnis di Bojonegoro ludes
A A A
Sindonews.com - Tiket kereta api (KA) kelas eksekutif dan bisnis di Bojonegoro mulai 28 Maret hingga 1 April 2013 sudah ludes dipesan calon penumpang. Hal ini seiring terjadinya liburan akhir pekan.

Menurut Wakil Kepala Stasiun Besar Bojonegoro, Shodiq, pemesanan tiket kereta api kelas eksekutif dan bisnis kini bisa dilakukan secara online. Hal itu yang membuat proses pemesanan dan pembayaran tiket KA kelas bisnis dan eksekutif mudah dan bisa dilakukan di mana saja. “Tiket KA kelas bisnis dan eksekutif ini jauh-jauh hari sudah dipesan oleh calon penumpang,” ujarnya, Jumat (29/3/2013).

Selama liburan akhir ini, kata dia, harga tiket KA kelas eksekutif dan bisnis diberlakukan tarif batas atas. Yakni harga tiket KA Gumarang (bisnis) tujuan Bojonegoro-Jakarta dipatok Rp400.000 per penumpang. Begitu pula harga tiket KA Sembrani (eksekutif) tujuan Bojonegoro-Jakarta diberlakukan tarif batas atas yakni Rp450.000 per penumpang.

Menurut Shodiq, jumlah penumpang kereta api selama liburan akhir pekan ini mengalami kenaikan sekitar 10 persen dari sebelumnya. Sedangkan, rata-rata penumpang baik yang naik maupun turun di Stasiun Besar Bojonegoro per hari mencapai 700-800 orang.

Shodiq mengatakan, saat ini penumpang kereta api disesuaikan dengan kapasitas tempat duduk yang ada di dalam gerbong. Dengan demikian, jika semua tempat duduk sudah terisi maka tidak akan ditambahi penumpang lagi.

“Konsekuensinya calon penumpang yang tidak kebagian tiket KA terpaksa menunda perjalanan atau memakai moda transportasi lainnya,” ujar Shodiq.

Sementara itu, penumpang bus yang naik maupun turun di Terminal Rajekwesi Bojonegoro juga terlihat lebih ramai dibandingkan hari biasanya. Penumpang banyak yang naik bus jurusan Bojonegoro-Surabaya, Bojonegoro-Ngawi, dan Bojonegoro-Jombang.

Menurut Khoiril, 40, warga Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu, mengaku sengaja memanfaatkan hari libur untuk bepergian ke Surabaya. “Mumpung libur, kami sekeluarga ingin menjenguk saudara di Rungkut, Surabaya,” ujarnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)