Kadin Jabar dorong UMKM akses pembiayaan nonbank

Minggu, 31 Maret 2013 - 13:04 WIB
Kadin Jabar dorong UMKM akses pembiayaan nonbank
Kadin Jabar dorong UMKM akses pembiayaan nonbank
A A A
Sindonews.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengakses pembiayaan nonbank, sebagai alternatif bagi pelaku UMKM yang belum bankable.

Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal Sutisno mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong pelaku UMKM mendapatkan akses kredit untuk mengembangkan usaha. Pelaku UMKM, lanjut dia, tidak mesti tergantung pada lembaga perbankan untuk mendapatkan kredit. Mereka bisa mengakses pembiayaan dari lembaga nonbank selain rentenir.

“Banyak alternatif bagi pelaku UMKM mendapatkan kredit. Salah satunya, mengakses pembiayaan yang disediakan PT Pegadaian. Mereka memiliki sejumlah produk pembiayaan yang lebih mudah di akses dan dengan persyaratan relatif lebih mudah,” jelas Agung seusia Seminar Kewirausahaan di Graha Pos Indonesia, Jalan Banda, Kota Bandung, Minggu (31/3/2013).

Agung mengakui, permasalahan pelaku UMKM dalam mengakses pembiayaan kepada perbankan selalu terkendala soal status bankable dan agunan. Akibatnya, tidak sedikit pelaku usaha yang mengakses pinjaman dari rentenir. Kondisi tersebut, lanjut dia, justru merugikan pelaku usaha, karena beban bunga yang cukup tinggi.

Akan tetapi, lanjut Agung, upaya pemerintah Provinsi Jawa Barat membentuk lembaga penjamin pinjaman (Jamkrida) akan berdampak positif bagi pelaku UMKM. Terutama mereka yang tidak memiliki agunan. “Jamkrida menjadi solusi bagi pelaku UMKM. Tinggal kita tunggu pelaksanaanya,” imbuh Agung.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4005 seconds (0.1#10.140)