Ini tiga rekomendasi pemerintah soal hortikultura

Jum'at, 05 April 2013 - 18:52 WIB
Ini tiga rekomendasi pemerintah soal hortikultura
Ini tiga rekomendasi pemerintah soal hortikultura
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengungkap telah mengeluarkan tiga rekomendasi terkait bahan pangan pokok dan reaksi pengendalian harga hortikultura saat rapat koordinasi (rakor) bersama Kementerian Perdagagan (Kemendag), Kementerian Pertanian (Kementan), Kemenhub, dan Dirut Bulog.

"Kita mengeluarkan tiga rekomendasi terkait hal tersebut," ujar Hatta usai rakor di kantornya, Jakarta, Jumat (5/4/2013).

Menteri asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini memahami bahwa harga pangan dan hortikultura, termasuk harga daging belakangan ini cukup tinggi dan menyebabkan terjadinya inflasi.

Secara rinci Hatta menjelaskan, rekomendasi yang pertama terkait dengan tata niaga yang menyangkut daging dan hortikultura dikendalikan dalam satu atap. Di mana Kementan fokus pada produksi, sedangkan Kemendag fokus pada ekspor dan impor. Sehingga tidak ada policy yang menyebabkan distorsi pasar.

Kedua, dalam waktu dekat akan menurunkan harga daging serta meminta mereka yang memegang kuota impor daging untuk merealisasikan laporan Kementan bahwa kuota daging belum memadai. Jika tetap tidak memadai, maka Kemendag akan memanggil mereka.

"Ketiga, sebagai bagian dari kebijakan melindungi peternak dalam negeri, Kemenhub akan mempercepat transportasi distribusi dari timur (produsen daging sapi) ke barat (konsumen)," paparnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5433 seconds (0.1#10.140)