Indofarma masih fokus garap pasar domestik

Kamis, 11 April 2013 - 17:12 WIB
Indofarma masih fokus garap pasar domestik
Indofarma masih fokus garap pasar domestik
A A A
Sindonews.com - Direktur Utama PT Indofarma Tbk (INAF), Elfiano Rizaldi menyatakan bahwa perseroannya masih akan fokus menggarap pasar domestik pada tahun ini.

Dia menilai, pangsa pasar dalam negeri masih sangat besar untuk digarap. Meski demikian, perseroan masih terus berusaha melakukan ekspansi ke luar negeri.

“Kita melihat pasar domestik ini masih besar sekali di Indonesia. Dengan 250 juta penduduk, kemudian tahun 2014 BPJS akan berjalan, untuk kita produksi dalam negeri saja masih kurang. Tetapi tidak menutup untuk ekspansi melalui ekspor,” tutur Elfiano di Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Hingga saat ini, Indofarma sudah melakukan ekspor ke luar negeri, dengan pangsa pasar terbesar adalah Afghanistan dan Irak.

“Pasar ekspor baru menyumbangkan sekitar 2 persen dari total revenue, yakni sekitar Rp20-25 miliar saja. Dari jumlah tersebut, kontribusi terbesar masih dari pasar di Timur Tengah, yakni Afghanistan dan Irak,” kata Elfiano.

Sejauh ini, Indofarma sudah melakukan penetrasi pasar ke negara-negara ASEAN, namun jumlahnya masih kecil. Hal ini karena jumlah penduduk di negara tersebut tidak terlalu banyak.

“Jadi pasar ASEAN kita sudah masuk, seperti Myanmar, Vietnam, Filipina, Singapura. Cuma karena penduduknya kecil, jadi jumlah (penjualan kita) juga tidak besar,” tuturnya.

Saat ini, Indofarma tengah melakukan penjajakan ke beberapa negara, antara lain Kazakhstan dan Belarusia. Namun ekspansi ke luar negeri tersebut terkendala oleh regulasi yang membutuhkan waktu cukup lama.

“Untuk bisnis farmasi, kalau kita mau ekspansi masih harus registrasi dulu. Dan setiap negara yang mau kita ekspor, sistem registrasinya berbeda-beda, ada yang perlu waktu tiga tahun, lima tahun dan lain-lain,” tutur Elfiano.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5048 seconds (0.1#10.140)