Jero: Gubernur se-Indonesia mayoritas setuju kenaikan

Selasa, 16 April 2013 - 14:29 WIB
Jero: Gubernur se-Indonesia...
Jero: Gubernur se-Indonesia mayoritas setuju kenaikan
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik mengaku semua gubernur se-Indonesia sepakat pada opsi pengendalian BBM bersubsidi dengan pemisahan BBM antara subsidi dan non-subsidi (dikurangi subsidinya).

"Hampir semua gubernur setuju opsi yang diajukan pemerintah Rp6.500 sampai Rp7.000 tapi ada juga yang minta Rp9.500, artinya mereka setuju dengan kenaikan," ujarnya di gedung Kemendagri, Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Dia menambahkan, dalam implementasi lapangan sangat penting karena itu para Gubernur, Hiswana Migas, BPH Migas, dan Kapolri dilibatkan. "Gubernur juga bertanggung jawab jaga distribusi BBM," tuturnya.

Jero percaya dengan perandaian pengurangan BBM bersubsidi hingga harga Rp6.500, anggaran negara yang bisa diselamatkan sebesar Rp21 triliun.

Namun, Jero memastikan nanti akan ada kompensasi yang diberikan pemerintah setelah pembatasan BBM ini diberlakukan. Karena biasanya kebijakan model ini akan menimbulkan inflasi walaupun sementara.

"Ada kompensasi yang diberikan pemerintah karena akan berefek inflasi akibat pengendalian subsidi BBM ini. Sedangkan angkot pelat kuning subsidi penuh, yang pasti ini baru exercise dan pengerucutan opsi-opsi yang ada," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9022 seconds (0.1#10.140)