Kuota BBM Subsidi Tahun Depan Disepakati, Ini Rinciannya

Jum'at, 09 September 2022 - 12:00 WIB
loading...
Kuota BBM Subsidi Tahun Depan Disepakati, Ini Rinciannya
Ilustrasi SPBU. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati kuota bahan bakar minyak (BBM) yang disalurkan tahun depan. Adapun kuota BBM bersubsidi yang disepakati sebesar 17,5 juta kiloliter (kl).

"Volume BBM bersubsidi 17,5 juta kiloliter yang terdiri atas minyak tanah 0,5 juta kl dan solar 17 juta kl," kata Wakil Ketua Komisi VII Bambang Haryadi dalam rapat dengar pendapat, Kamis, (8/9/2022).



Bambang menuturkan, selain volume BBM, Komisi VII menyetujui subsidi tetap untuk minyak Solar senilai Rp 1.000 per liter. DPR pun memberi restu penyaluran subsidi LPG 3 kilogram sebesar 8 juta metrik ton untuk tahun depan.

Bambang menambahkan, pihaknya turut menyepakati asumsi subsidi listrik untuk 2023 sebesar Rp 72,33 triliun. Lebih lanjut, Komisi VII DPR juga menyepakati asumsi sektor energi pada tahun depan yang berkaitan dengan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) USD 95 per barel.

"Asumsi produksi siap jual atau lifting gas bumi sebesar 1,1 juta barel setara minyak per hari, sedangkan asumsi lifting minyak bumi yang disepakati untuk tahun depan adalah sebesar 660.000 barel per hari. Asumsi lifting migas untuk 2023 adalah 1,76 juta BOEPD," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya tengah berupaya merealisasikan skema penyaluran penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran. Hal tersebut masuk dalam program pengendalian konsumsi BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi.

Skema pengaturan penyaluran BBM bersubsidi ini akan serupa dengan yang diterapkan melalui aplikasi MyPertamina. Terkait nelayan yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi akan didata sebagaimana pengguna kendaraan roda 4 yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi dan pembeliannya akan menggunakan QR Code.



Tapi, skema penyaluran Solar utamanya untuk nelayan akan ada tambahan sedikit, yaitu harus terdaftar juga di koperasi. Setelah terdaftar, para nelayan baru bisa membeli BBM di tempat khusus semacam Pertashop. Koperasi ini kata Nicke penting karena supaya pendataan nelayan yang berhak bisa benar-benar tepat sasaran.

"Jadi nanti by name by address itu adalah anggota dari koperasi tersebut. Sehingga kita bisa menghitung kuotanya. Itu sudah jelas by name by address, masing-masing punya QR Code," ucap Nicke.

Dalam tiga bulan ke depan, Nicke mengatakan, Pertamina akan mulai membangun berbagai Pertashop yang akan dijadikan sebagai SPBU nya para nelayan. Dia mengatakan sudah ada beberapa lokasi yang telah dijadikan titik-titik priortas, namun dia belum bisa menjabarkannya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8823 seconds (0.1#10.140)