PTPN X dapat peringkat A+

Rabu, 19 Juni 2013 - 15:44 WIB
PTPN X dapat peringkat A+
PTPN X dapat peringkat A+
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idA+ untuk Perkebunan Nusantara (PTPN) X dengan prospek stabil.

Selain itu, memerikan peringkat yang sama untuk Obligasi I/2013 senilai Rp700 miliar yang akan diterbitkan. Adapun, dana hasil penerbitan obligasi tersebut dialokasikan untuk pembiayaan kembali utang bank dan penambahan modal kerja perseroan.

Analis Pefindo, Niken Indiarsih mengatakan bahwa peringkat terseut mencerminkan tingginya produktivitas dari perkebunan tebu perseroan, kinerja operasional yang baik dan kuatnya perlindungan arus kas perusahaan.

"Kendati demikian, peringkat tersebut dibatasi tingginya ketergantungan perusahaan terhadap pasokan tebu dari petani, eksposur perusahaan dari cuaca yang fluktuatif dan risiko terkait bisnis bioetanol," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (19/6/2013).

PTPN X merupakan perusahaan perkebunan pelat merah, yang bergerak di bidang perkebunan serta pemrosesan tebu dan tembakau, yang memiliki 11 pabrik gula di Jawa Timur. Hingga akhir tahun lalu, luas perkebunan perusahaan termasuk milik petani mencapai 73.078 hektare (ha), terdiri atas 72.125 ha perkebunan tebu dan 1.152 perkebunan tembakau.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9174 seconds (0.1#10.140)