Permintaan naik, harga daging dan cabai melejit

Senin, 08 Juli 2013 - 16:50 WIB
Permintaan naik, harga daging dan cabai melejit
Permintaan naik, harga daging dan cabai melejit
A A A
Sindonews.com - Memasuki bulan puasa, sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) kembali bergerak naik.

Pantauan di sejumlah pasar, beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan tersebut di antaranya, ayam ras yang sebelumnya dijual Rp40 ribu per ekor naik menjadi Rp45 ribu per ekor. Begitu juga dengan harga ayam kampung dari Rp45 ribu juga naik menjadi Rp50 ribu per ekor.

Bukan itu saja, harga daging sapi yang sebelumnya dijual di pasar sebesar Rp80 ribu per kilogram (Kg) juga mengalami kenaikan menjadi Rp85 ribu per kg, cabai kriting yang sebelumnya dijual seharga Rp22 ribu juga naik menjadi Rp28 ribu per kg, cabai merah sebelumnya Rp18 ribu kini dalam pekan ini naik menjadi Rp25 ribu per kg.

“Rata-rata kenaikannya berkisar antara sebesar lima ribu,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Polman, Syarifuddin, Senin (8/7/2013).

Dikatakan Syarifuddin, sesuai pemantauan di beberapa pasar, untuk bahan pokok lain seperti telur, beras, bawang minyak goreng, kacang tanah kupas dan beberapa bahan pokok lainnya masih tetap sama dengan harga pekan lalu. Walaupun, harga tersebut sudah pernah mengalami kenaikan dari pekan sebelumnya.

Dia menambahkan, dari sejumlah bahan pokok tersebut yang sangat signifikan mengalami kenaikan adalah jenis cabai dan ayam. Sebagaimana teori ekonomi, jika permintaan banyak, maka harganya pasti mengalami kenaikan.

“Ini tidak bisa dihindarkan. Kalau permintaan banyak pasti mengalami kenaikan. Dan itulah yang terjadi saat ini dimana menjelang puasa, permintaan daging maupun daging ayam meningkat,” tutur Syarifuddin.

Meski demikian, kenaikan tersebut dinilai masih bisa ditoleransi karena tidak terlalu signifikan. Berbeda pada kasus kenaikan harga bawang putih bulan lalu yang memang sangat mengagetkan.

Terkait dengan stok di pasaran, sesuai pantauan saat ini dinilai masih sangat mencukupi kebutuhan. Karena, pedagang juga sudah mengantisipasi untuk memasok stok barang mengingat kebutuhan pasti banyak.

Sementara itu, Ani, salah satu pedagang ayam di Pasar Baru Polewali, mengakui adanya kenaikan harga ayam pada pekan ini. Menutur dia, kenaikan tersebut mengikuti perkembangan harga di pasar saat ini.

Berdasarkan data yang diperoleh dari pasar, harga beberapa bahan pokok seperti bawang merah dijual di kisaran Rp25 ribu per kg, harga minyak goreng curah Rp15 ribu, beras ketan putih Rp13 ribu per kg, beras ketan hitam Rp18 ribu per kg, bawang putih Rp16 ribu per kg, bawang merah Rp28 ribu per kg, cabe merah keriting dari Rp22 ribu naik menjadi Rp28 ribu.

Selain itu, harga kacang tanah kupas terjual Rp18 ribu per kg, telur ayam ras Rp1.100 per butir, dan telur itik Rp1.700 per butir.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6958 seconds (0.1#10.140)