KSEI siapkan program Static Data Investor

Senin, 08 Juli 2013 - 19:49 WIB
KSEI siapkan program Static Data Investor
KSEI siapkan program Static Data Investor
A A A
Sindonews.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sedang menyiapkan program pendataan untuk investor pasar modal Indonesia. Program Static Data Investor (SDI) tersebut akan menjaga kebijakan identitas tunggal investor (single investor identification/SID).

Direktur Utama KSEI, Heri Sunaryadi mengatakan, saat ini masih ada beberapa investor yang memiliki identitas ganda. Sehingga program ini akan menyaring identitas investor.

"Memang masih ada sejumlah investor ritel yang memiliki identitas berganda. Namun, ini sebenarnya kesalahan semua pihak baik broker yang tidak menanyakan kartu identitas tunggal yang sebelumnya telah dimiliki investor ataupun proses pengkinian data kami," ujar Heri saat jumpa pers di Jakarta, Senin (8/7/2013).

Heri menargetkan rogram SDI akan selesai dan dapat direalisasikan di kuartal keempat tahun ini. Dengan program ini, proses update data investor juga akan lebih mudah untuk dilaksanakan.

Selain itu, KSEI juga akan melakukan perbaikan sistem penyimpanan dan penyelesaian transaksi nasabah pasar modal (The Central Depository and Book Entry Settlement System/C-BEST). Dengan adanya perbaikan sistem C-BEST, maka modul-modul yang ada di dalamnya akan menjadi lebih baik.

Sehingga, lanjut dia, tingkat kecepatan efisiensi transaksi nasabah serta penyimpanan data transaksinya dapat meningkat. Peremajaan sistem C-BEST harus dilakukan guna mengantisipasi peningkatan transaksi pasar modal kedepannya.

Dia mengaku, saat ini pihaknya tengah menyeleksi tiga perusahaan vendor sistem yang nantinya akan dipilih untuk mengerjakan proyek ini. "Dalam waktu dekat akan kami informasikan vendor mana yang akan dipilih KSEI untuk menggarap program yang diperkirakan akan direalisasikan pada 2015," pungkas Heri.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6012 seconds (0.1#10.140)