Harga sembako meroket, Cirebon siap operasi pasar

Senin, 08 Juli 2013 - 20:09 WIB
Harga sembako meroket, Cirebon siap operasi pasar
Harga sembako meroket, Cirebon siap operasi pasar
A A A
Sindonews.com - Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) Kota Cirebon, Eddy Tohidi mengungkapkan, telah memprogramkan operasi pasar murah bersama Bulog maupun Pemkot Cirebon untuk mengantisipasi lonjakan harga.

Namun kegiatan itu baru akan dilaksanakan apabila kenaikan harga telah mencapai lebih dari 25 persen selama tiga bulan terakhir. Sesuai aturan yang berlaku, khususnya komoditi beras, terigu, gula pasir, dan minyak goreng.

"Kecuali operasi pasar murah yang digelar pihak swasta, itu sih bebas kapan saja. Kalau program operasi pasar murah baru bisa dilaksanakan apabila sudah ada instruksi dari kepala daerah, dan sejauh ini kami masih mengamati perkembangan," katanya, Senin (8/7/2013).

Dalam sidak itu, Wali Kota Cirebon, Ano Sutrisno meminta para pedagang makanan menjaga kualitas barang yang mereka jual. Sedangkan instansi terkait diperintahkannya meningkatkan pengawasan untuk menghindari peredaran produk berkualitas rendah.

Meski ditemukan adanya kenaikan harga sejumlah komoditi kebutuhan pokok masyarakat, Wali Kota tetap menjamin stok sembilan bahan pokok (sembako) sejauh ini aman, bahkan berlebih.

"Ya memang ada yang naik, karena itu kan setelah pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi tempo lalu dan tepat waktunya menjelang Ramadan. Tapi stok tetap aman," katanya.

Sementara, pedagang pasar tradisional di Kabupaten Cirebon mengeluhkan penurunan omset hingga 50 persen menjelang Ramadan tahun ini. Kenaikan harga telah membuat jumlah konsumen berkurang dan memengaruhi pendapatan para pedagang.

"Pembeli daging ayam sekarang turun terus karena harganya sampai Rp45 ribu per kg. Padahal harga ayam hidup terus naik dari Rp18 ribu per kg menjadi Rp21.500 per kg, dan saya kan tetap harus menyesuaikan harha jual kepada konsumen," ungkap pedagang daging ayam di Pasar Sumber, Yati.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6008 seconds (0.1#10.140)